PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMENTERHADAP MINAT DAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019

Irma Agustiana Nandasari, 1720515124 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMENTERHADAP MINAT DAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Munawwar Tahun 2018/2019” yang ditulis oleh Irma Agustiana Nandasari, NIM. 17205153124, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Pembelajaran Eksperimen, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwasannya metode pembelajaran merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Karena salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan minat dan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Setelah dilakukan metode pembelajaran yang sesuai minat dan hasil belajar peserta didik akan meningkat. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan dan tepat guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran eksperimen terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019?; (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019?; dan (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama metode pembelajaran eksperimen terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019?.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran eksperimen terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019 (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019 (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara bersama-sama metode pembelajaran eksperimen terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-A dan IV-B SDI AL-Munawwar Tulungagung yang berjumlah 46 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran eksperimen terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019, yaitu diperoleh nilai signifikansi 0,001. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak, berarti Ha diterima, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019, yaitu diperoleh nilai signifikansi 0,009. Karena signifikansi < 0,05maka H0 ditolak, berarti Ha diterima, (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara metode pembelajaran eksperimen terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019, yaitu diperoleh nilai signifikansi 0,001. Karena signifikansi < 0,05maka H0 ditolak, berarti Ha diterima. Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran eksperimen terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun 2018/2019.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153124 Irma Agustiana Nandasari
Date Deposited: 14 May 2019 03:02
Last Modified: 14 May 2019 03:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10812

Actions (login required)

View Item View Item