Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Autoplay Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar

ENGGA SAKTI OCTAVIANI, 17204153248 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Autoplay Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (537kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Autoplay Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar“ ditulis oleh Engga Sakti Octaviani dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Autoplay, Minat, Hasil Belajar, Teorema Pythagoras Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media autoplay terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh guru yang menggunakan pembelajaran secara konvensional sehingga pembelajaran menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan membuat siswa malas untuk belajar sehingga siswa tidak ada minat untuk mengikuti pembelajaran, dengan tidak ada minat membuat siswa kurang memahami pembelajaran matematika sehingga belajar kurang maksimal dan hasil belajar tidak maksimal. Model pembelajaran discovery learning merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan secara langsung peserta didik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan, baik dalam diskusi dengan kelompok, pengumpulan data, penemuan suatu konsep pembelajaran sendiri sampai melakukan penarikan kesimpulan dan membagikan hasil kerja tersebut kepada kelompok lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan autoplay terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi experiment), populasinya merupakan siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar yang berjumlah 335 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, sampel yang digunakan yaitu kelas VIII G dan kelas VIII H, metode pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi menggunakan manova sebagai uji analisis datanya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan autoplay terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini berdasarkn pengujian hipotesis menggunakan test of between subject effect diperoleh nilai signifikansi 0,018. 2) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini berdasarkn pengujian hipotesis menggunakan test of between subject effect diperoleh nilai signifikansi 0,037. 3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan multivariate test dengan nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root sebesar 0,020.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153248 ENGGA SAKTI OCTAVIANI
Date Deposited: 08 May 2019 06:42
Last Modified: 08 May 2019 06:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item