PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MELALUI PROGRAM HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AS-SIDDIQ PRAMBON NGANJUK

DWI RINA SAFITRI, 17205153179 (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA MELALUI PROGRAM HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AS-SIDDIQ PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius pada Siswa melalui Program Hafalan al-Qur’an Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah As-Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk” ini ditulis oleh Dwi Rina Safitri, NIM.17205153179, pembimbing ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Konteks penelitian dalam penelitian ini yaitu munculnya fenomena krisis moral telah terjadi ditengah-tengah masyarakat kita. Meningkatnya kasus ketidakadilan di segala bidang, kekerasan, dan tindak kriminal serta penyakit sosial lainnya adalah salah satu bentuk kemerosotan moral yang telah terjadi. Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang semakin pesat dan tidak diimbangi dengan kebudayaan dan peradaban serta kepribadian yang pantas dan berkualitas, sehingga kemajuan tersebut melahirkan manusia-manusia yang kurang beradab dan berakhlak mulia. Secara tidak langsung hal ini dapat berpengaruh pada diri siswa. untuk mengantisipasi pengaruh-pengaruh negatif IPTEK dan kemajuan zaman saat ini yang sangat mudah dijangkau semua orang, pihak madrasah membuat kebijakan dengan mencetuskan program hafalan al Qur’an juz 30, hal tersebut sebagai upaya pembentukan karakter dengan mengunakan al-Qur’an sebagai pedomannya. Cara mengelola serta pengaplikasian program ini di madrasah As-Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk adalah sebuah keunggulan tersendiri. Hal ini mendapat tanggapan positif dari semua siswa dan wali murid serta masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter istiqamah pada siswa melalui program hafalan Al Qur’an juz 30 di MI As siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk (2) untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter qona’ah pada siswa melalui program hafalan al Qur’an juz 30 di MI As Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk (3) untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter tawadzu’ pada siswa melalui program hafalan Al Qur’an juz 30 di MI As Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data berupa Triangulasi sumber, dengan menggali informasi dari berbagai sumber, yakni siswa, guru, dan kepala sekolah. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan keabsahan data berupa triangulasi metode, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang peneliti ambil adalah study kasus, dengan maraknya kasus akibat krisis moral yang terjadi di masyarakat kita saat ini. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa: (1) Pembentukan karakter religius pada siswa melalui program hafalan Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah As-Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk dilakukan dengan cara membiasakan membaca dan menghafal al-Qur’an juz 30 dengan posisi berdiri sebagai cara mengondisikan konsentrasi anak, menggunakan al-Qur’an sebagai landasan dan petunjuk dalam menanamkan karakter religius istiqamah pada siswa, membimbing anak untuk menghafal, menela’ah terjemahan al-Qur’an juz 30 dan mengambil hikmahnya mengenai pentingnya sifat istiqamah,memberikan contoh perilaku istiqomah kepada siswa baik secara lisan maupun tindakan dengan menggunakan pendekatan yang tepat, mengajak siswa melakukan semua hal positif dengan cara yang tepat sesuai tujuan positif yang diinginkan, membimbing siswa dalam melakukan hal-hal positif hingga siswa terlatih dan tidak merasa kesulitan, membiasakan siswa untuk berperilaku baik dan menjalankan semua kegiatan positif sesuai ajaran agama islam secara kontinu hingga anak terbiasa melakukan itu semua sendiri. (2) Pembentukan Karakter Religius Qona’ah pada Siswa melalui program hafalan Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah As-Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk dilakukan dengan cara menghafalkan ayat beserta terjemahan al-Qur’an juz 30, mengambil hikmah dari al-Qur’an juz 30 yang terkandung dalam al-Qur’an mengenai karakter religius qona’ah, menunjukkan teladan yang baik dalam berperilaku dan membimbing anak untuk berperilaku sesuai teladan yang ditunjukkan, berdiskusi atau mengajak anak memikirkan tindakan terkait dengan karakter qona’ah, kemudian mendorong mereka untuk selalu menerapkan sikap qona’ah dalam kehidupan sehari-hari, membiasakan siswa untuk melakukan tindakan baik khususnya terkait dengan karakter religius qona’ah hingga karakter qona’ah tertanam pada diri siswa dengan kuat. (3) Pembentukan Karakter Religius Istiqamah pada Siswa melalui program hafalan Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah As-Siddiq Mojoagung Prambon Nganjuk dilakukan dengan cara membimbing siswa menghafal al-Qur’an juz 30 dan terjemahannya, membimbing siswa untuk memahami isi kandungan al Qur’an juz 30, terutama mengenai karakter religius tawadzu’, menanamkan karakter religius tawadzu’ dengan memberikan suri tauladan yang baik kepada siswa, mengajak siswa menerapkan perilaku yang sesuai dengan suri tauladan dari gurunya yang berkaitan dengan sikap tawadzu’, mendampingi siswa jika ada yang merasa kesulitan dalam menerapkan sikap tawadzu’ sebagai salah satu bentuk karakter religius, membiasakan perilaku tawadzu’ pada siswa hingga dapat menjadi kebiasaan dan terbentuk siswa yang berkarakter religius tawadzu’.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153179 DWI RINA SAFITRI
Date Deposited: 13 May 2019 04:48
Last Modified: 13 May 2019 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item View Item