STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG

SITI KHUSNUL KHOTIMAH, 17205153254 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AL-Quran Hadits di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung.” ini ditulis oleh Siti Khusnul Khotimah, Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah NIM: 17205153254 Tahun 2019 yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: strategi guru, motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penelitian dalam kegiatan pembelajaran, kiranya perlu adanya perhatian khusus terhadap motivasi yang dimiliki siswa baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik, sehingga guru harus benar-benar memahami motivasi belajar yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkanya. Dan harus ada tindak lanjut dari guru apabila motivasi belajar siswa rendah, dengan menggunakan strategi guru yang tepat. Guru dituntut harus mampu memberikan motivasi-motivasi yang bisa mempengaruhi motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa agar dapat belajar dengan baik dan memiliki prestasi yang baik. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik pada mata pelajaran AL-Quran Hadits siswa di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik pada mata pelajaran AL-Quran Hadits siswa di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. 3) Apa faktor-faktor pendukung dan pengambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada mata pelajaran AL-Quran Hadits siswa di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya field research, yaitu permasalahanya masih bersifat sementar, berkembang dan bisa berubah-ubah sesuai data dilapangan. Lokasi penelitian terletak di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Sumber data peneliti diperoleh dari 1) person, 2) place, 3) paper. Dan data yang didapatkan peneliti dari kepala sekolah, guru dan perwakilan beberapa siswa dari perwakilan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan credibility dan tranferability. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memeberikan reward berupa pujian atau ucapan terimakasih kepada siswa. 2) strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa dengan menggunakan media bervariasi sesuai materi yang akan diajarkan sehingga menjadi alat untuk mempermudah menyampaikan pesan atau materi yang akan disampaikan. guru memberikan ice breaker untuk membangkitkan siswa ketika sudah jenuh atau lesu mulai di awal, tengah maupun di akhir pembelajaran. adanya penguatan guru akan cita-cita yang di inginkan oleh peserta didik dan memberikan pemahaman bahwa belajar al-qur’an sangat penting dalam kehidupan. 3) Apa faktor-faktor pendukung dan pengambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada mata pelajaran ALQuran Hadits siswa di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung adalah a) faktor lingkungan: lingkungan yang baik maka akan dapat memberikan pengaruh yang baik pula namun begitu sebalik jika lingkungan yang tidak akan sangat berpengaruh buruk, misalkan kurangnya bimbingan orang tua dirumah makaa akan menjadi penghambat dalam belajar siswa. b) faktor input (tenaga pengajar, bahan pengajaran sarana dan fasilitasa dan kurikulum), c) faktor dari siswa sendiri baik kondisi fisiologis dan kondisi psikologis peserta didik, d) adanya program hafalan juz amma.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153254 SITI KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 10 May 2019 01:37
Last Modified: 10 May 2019 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10796

Actions (login required)

View Item View Item