PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR

ARINA ZAHROTUL JANNAH, 17201153091 (2019) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah AKhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Arina Zahrotul Jannah, NIM. 17201153091. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag., Kata Kunci: Peran Guru, Membina Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana banyaknya peserta didik yang kurang menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Hal tersebut dapat disebabkan mereka terbawa oleh pengaruh lingkungan atau memang tidak ada pendidikan akhlak sedari kecil untuk membiasakan mereka berakhlakul karimah. Oleh karena itu peran guru aqidah akhlak sangatlah penting untuk membina akhlakul karimah peserta didik agar peserta didik dapat meningkatkan keimanannya dengan meningkatkan kemuliaan melalui tingkah laku yang terpuji. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam membina tawadhu‟ (rendah hati) peserta didik di MAN Kota Blitar? (2) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam membina ta‟awun (tolong menolong) peserta didik di MAN Kota Blitar? (3) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam membina amanah peserta didik di MAN Kota Blitar? Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam membina tawadhu‟ (rendah hati) peserta didik di MAN Kota Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam membina ta‟awun (tolong-menolong) peserta didik di MAN Kota Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam membina amanah peserta didik di MAN Kota Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapaun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam membina tawadhu‟ guru aqidah akhlak berperan sebagai pembimbing, sebagai model atau teladan, dan sebagai pelatih. Sebagai pembimbing dengan mengadakan bimbingan di dalam kelas berkaitan dengan akhlak tawadhu‟. Sebagai model atau teladan dengan memberi suri tauladan yang baik kepada peserta didik. Serta sebagai pelatih dengan melakukan pembiasaan diluar kelas seperti turun dari sepeda motor ketika memasuki halaman, membudayakan salam dan bersalaman ketika bertemu denganbapak ibu guru, serta bertutur kata yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua maupun muda. (2) Dalam membina ta‟awun guru aqidah akhlak beperan sebagai motivator, sebagai model atau teladan, dan sebagai pendidik. Sebagai motivator dengan memberikan motivasi di kelas terkait bagaimana ta‟awun sangat dianjurkan dalam Islam. Sebagai model atau teladan dengan memberikan sontoh dan teladan yang baik melalui pembiasaan akhlak ta‟awun dalam setiap aktivitas. Serta sebagai pendidik dengan memberikan beberapa tugas kepada peserta didik dalam bentuk kelompok. (3) Dalam membina amanah guru aqidah akhlak berperan sebagai pembimbing dan sebagai penasehat. Sebagai pembimbing dengan melakukan berbagai kegiatan pembiasaan berkaitan dengan ubudiyah. Sebagai penasehat dengan memberikan nasehat kepada peserta didik untuk menjaga diri dari sifat tercela, menjaga kepercayaan orang lain, serta memberikan peringatan terhadap peserta didik yang tidak amanah dalam bentuk teguran dan hukuman sebagai penguat dalam pembinaan akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153091 ARINA ZAHROTUL JANNAH
Date Deposited: 07 May 2019 02:05
Last Modified: 07 May 2019 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item