PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN GENDER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR

ILMA DWI CAHYANTI, 17204153136 (2019) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN GENDER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Ilma Dwi Cahyanti, 17204153136, 2019. Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Gender di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar. Tadris Matematika (TMT) Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Pemahaman konsep, Pengetahuan Prosedural, Pertidaksamaan Nilai Mutlak, Gender Pemahaman Konseptual dan pengetahuan Prosedural tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dikarenakan masih ada siswa yang hanya memahami konsep tetapi tidak dengan pengetahuan proseduralnya, namun ada pula siswa yang memiliki pengetahuan prosedural tetapi kemungkinan konsep yang dipakai salah. Kedua hal tersebut dikaji untuk memacu siswa dalam pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural. Dan penelitian dimaksudkan untuk mengungkap pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural berdasarkan gender. Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar yang terletak di Desa Kunir Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar telah diterapkan konsep-konsep dasar matematika. Namun, pada materi pertidaksamaan nilai mutlak siswa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan pada pemahaman konseptual maupun proseduralnya. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemahaman konseptual siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan gender di MAN 3 Blitar ? (2) Bagaimana pengetahuan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan gender di MAN 3 Blitar? Adapun tujuan penlitian ini, (1) Untuk mengetahui pemahaman konseptual siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan gender di MAN 3 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengetahuan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak berdasarkan gender di MAN 3 Blitar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar. Metode pengumpulan data ialah Tes, Wawancara, Observasi, Dokumentasi, dan Catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (1) Pengembangan data hasil tes, wawancara dan dokumentasi, (2) Menyajikan data, (3) Kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan terbukti bahwa (1) Pada pemahaman konseptual, siswa yang berjenis kelamin laki-laki menuliskan serta menerjemahkan konsep yang mereka gunakan kemudian menuliskan kesimpulan hasil pekerjaannya dengan lengkap. Tetapi, siswa laki-laki cenderung ragu-ragu menjelaskan konsep mana yang digunakan secara tepat. Sedangkan pada siswa yang berjenis kelamin perempuan menuliskan serta menerjemahkan konsep yang mereka gunakan dalam menyelesaikan pekerjannya tetapi, dalam menuliskan masih kurang teliti. Dalam menjelaskan konsep yang digunakan siswa perempuan menjelaskan konsep tersebut secara jelas dan tepat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pemahaman konsep siswa laki-laki dalam menuliskan konsep yang dipakai jelas, tetapi dalam menjelaskan konsepnya masih ragu-ragu dan untuk siswa perempuan, dalam menuliskan konsep kurang lengkap, namun dalam menjelaskan siswa perempuan lebih jelas. (2) Pada pengetahuan prosedural, untuk siswa yang berjenis kelamin laki-laki menuliskan langkah-langkah dan tanda pertidaksamaan nilai mutlak dengan benar serta setiap penyelesaiannya disertai pula dengan kesimpulan. Hanya saja siswa laki-laki masih belum bisa menjelaskan maksud dari langkah-langkah tersebut dengan baik dan jelas. Dan untuk siswa yang berjenis kelamin perempuan dalam menuliskan langkah-langkah dan tanda pertidaksamaan nilai mutlak dengan benar serta setiap penyelesaiannya disertai pula dengan kesimpulan. Serta siswa perempuan mampu menjelaskan maksud dari langkah-langkah tersebut dengan baik. Sehinga dapat ditarik kesimpulan bahwa baik siswa laki-laki maupun perempuan menuliskan langkah-langkah dan tanda pertidaksamaan nilai mutlak dengan benar, akan tetapi dalam menjelaskan langkah-langkahnya siswa perempuan lebih jelas daripada siswa laki-laki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 17204153136 ILMA DWI CAHYANTI
Date Deposited: 09 May 2019 03:04
Last Modified: 09 May 2019 03:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item View Item