PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL

RINDA CAHYANTI, 17205153223 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Motivasi Belajar Siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol” ditulis oleh Rinda Cahyanti, NIM. 17205153223, Pembimbing Dr. Luk luk Nur Mufida, M.Pd.I, NIP. 197903122002. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik. Guru sebagai seorang pendidik merupakan komponen terpenting dalam proses pembelajaran, karena guru berhubungan langsung dengan siswa sebagai subjek dan objek belajar. Keterampilan mengajar guru merupakan kegiatan paling penting dalam proses belajar mengajar di kelas, dimana kegiatan ini akan menentukan kualitas peserta didik. Antusiasme guru dalam memberikan pengajaran dapat dilihat pada keterampilan mengajar guru. Hal tersebut dapat berdampak pada proses pembelajaran yang efektif sehingga siswa dapat termotivasi untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Komponen Keterampilan ini apabila diterapkan dalam sebuah pembelajaran juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek psikologis yang sangat perlu untuk dipertahankan dan dipahami oleh guru. Karena pada saat memasuki usia sekolah, perkembangan psikologis anak mengalami perkembangan yang sangat cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. (3) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen, populasinya adalah siswa kelas IV, V,VI MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol yang berjumlah 114 siswa. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Regresi Linier sederhana dan Uji F Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Hasil yang yang diperoleh dari uji t yaitu t hitung 4,868 > t tabel 2,051. (2) Ada pengaruh yang signifikan keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Hasil yang yang diperoleh dari uji t yaitu t hitung 5,295 > t tabel 2,051. (3) Ada pengaruh yang signifikan keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berikir kritis siswa dan motivasi belajar MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Nilai ke empat P-value (sig) untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05/ 5% yaitu 0,045< 0,05, 0,044 < 0,05, 0,047< 0,05 dan 0,013 < 0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan dasar mengajar guru, maka kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa akan semakin baik pula.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153223 RINDA CAHYANTI
Date Deposited: 06 May 2019 03:59
Last Modified: 06 May 2019 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10760

Actions (login required)

View Item View Item