IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ANA SAFITRI, 17201153099 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (549kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Ana Safitri, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201153099 Tahun 2019 dibimbing oleh Dr. Anin Nurhayati,M.Pd.I Kata kunci : program keagamaan, membentuk karakter Tujuan Pendidikan yang dirumuskan oleh pendidikan Islam maupun yang dirumuskan dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di antaranya adalah membentuk peserta didik menjadi siswa yang bermoral, berakhlak, berbudi pekerti, dan berkarakter yang baik. Namun pada kenyataannya di Indonesia, banyak pelajar yang moralnya mengalami degradasi. Di antara mereka banyak yang terlibat kasus kriminal, seks bebas, dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Dalam rangka pembentukan karakter, MA Darul Huda mengadakan beberapa kegaiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Fokus masalah yang dikaji adalah: 1) bagaimana langkah implementasi program keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi blitar ?2) bagaiamana hambatan dan solusi mengimplementasikan program keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik di MA Darul Huda Wonodadi Blitar ? 3) bagaimana dampak implementasi program keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik di MA Darul Huda? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah tenaga pendidik ,siswa dan orang tua siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat jadwal guru pembina kegiatan keagamaan, jadwal imam sholat berjamaah dan juga kegiatan keagamaan yang meliputi: kajian pagi, hari selasa: membaca surat yasin dan tahlil , rabu : membaca surat al waqiah dan tahlil, kamis : membaca surat yasin dan tahlil, jumat : membaca surah yasin dan mengaji kitab tentang kajian NU, sabtu : membaca surah yasin dan istighosah, sholat dhuhur berjamaah, dan membaca istigosah bagi peserta didik yang berhalangan.adanya evaluasi setiap seminngu sekali untuk melihat perkembangan peserta didik. 2) hambatan yang sering dirasakan dari kegiatan ini adalah banyaknya siswa yang terlambat dalam mengikuti kegiatan pagi dan juga fasilitas tempat wudu yang kurang, belum terjadwal bagi OSIS yang memimpin kegiatan istighosah putri dan solusi dari kendala tersebut adalah dengan memberikan absensi dalam setiap kegiatan dan diberikannya poin jika yang melanggar.3) dampak dari implementasi kegiatan keagamaan adalah munculnya karakter yang religius, disiplin, tanggung jawab dan timbulnya kesadaran dalam diri peserta didik untuk menerapkan nilai karakter di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153099 ANA SAFITRI
Date Deposited: 06 May 2019 06:02
Last Modified: 06 May 2019 06:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item