PELAKSANAAN PERJANJIAN PENARIKAN TARIF RETRIBUSI JALAN ALTERNATIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri)

IDA THOHA SYARIROH, 17101153053 (2019) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENARIKAN TARIF RETRIBUSI JALAN ALTERNATIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ida Thoha Syariroh, NIM 17101153053, Pelaksanaan Perjanjian Penarikan Tarif Retribusi Jalan Alternatif ditinjau dari Perspektif Hukum Islam (Studi Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019, Pembimbing: H. M. Darin Arif Mu’allifin, S.H. M.Hum. Kata Kunci: Perjanjian, Tarif Retribusi Jalan Alternatif, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan perjanjian yang dilakukan oleh pihak Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi yang tidak dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Tempat Rekreasi dan Olah Raga sebagaimana kesepakatan yang sudah ditetapkan Pemerintah Daerah, melainkan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama pihak Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi secara musyawarah mufakat. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan perjanjian penarikan tarif retribusi jalan alternatif Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana pelaksanaan perjanjian penarikan tarif retribusi jalan alternatif Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri dalam perspektif hukum islam?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pelaksanaan perjanjian penarikan tarif retribusi jalan alternatif Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pelaksanaan perjanjian penarikan tarif retribusi jalan alternatif Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri dalam perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis induksi dan analisis deduksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan perjanjian penarikan tarif retribusi jalan alternatif Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 29 Tahun 2001 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. Pihak Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi membuat kesepakatan sendiri dengan memberlakukan tambahan pada tarif, dan fee tarif bagi daerah tertentu. 2) Pelaksanaan penarikan tarif retribusi jalan alternatif Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi tidak terbuka sesuai dengan asas perjanjian Islam yaitu ash-shidiq. Pihak Taman Wisata Bendung Gerak Waruturi juga tidak amanah dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat diawal perjanjian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H. 17101153053 Ida Thoha Syariroh
Date Deposited: 09 May 2019 02:49
Last Modified: 31 Mar 2020 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item