TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA BARANG JAMINAN GADAI (STUDI KASUS DI DESA TALANG KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG)

Betty Wulandari, 17101153052 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA BARANG JAMINAN GADAI (STUDI KASUS DI DESA TALANG KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Tinjauan Hukum Islam dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata terhadap Praktik Sewa Menyewa Barang Jaminan Gadai (Studi Kasus di Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2019, Pembimbing: Indri Hadisiswati, S.H., M.H. Pada zaman saat ini tidak dipungkiri banyak sekali kebutuhan masyarakat dalam pemenuhun hidup sehari-hari.Dan banyak sekali kebutuhan-kebutuhan hidup yang sering kali mendesak dan mendadak. Kadang penghasilan mereka pun kadang tidak mencukupi dalam pemenuhan kebutuhan itu, salah satu cara pemenuhan kebutuhan yang mendesak dan mendadak tersebut adalah dengan “gadai”. Seperti yang terjadi di masyarakat Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung ini.Dalam pemenuhan kebutuhan hidup yang sering kali mendesak dan mendadak, mereka biasa melakukan praktik gadai antar sesame warga sekitar. Skripsi ini merupakan upaya untuk memaparkan mengenai praktik gadai di Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, lebih merincinya lagi, skripsi ini focus dalam praktik sewa-menyewa barang jaminan gadai di Desa Talang Kecmatan Sendang Kabupaten Tulungagung dengan menganalisis permasalahan yang ada dengan tinjauan Hukum Islam dan KUH Perdata terhadap praktik sewa menyewa barang jaminan gadai di Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khusunya masyarakat Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung terhadap praktik gadai yang benar menurut Hukum Islam dan KUH Perdata.Supaya dalam praktiknya tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Jenis penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan instrument penelitian lapangan (field research).metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni penulis berusaha menyajikan fakta-fakta yang objektif sesuai dengan kondisi dan situasi yang sebenarnya terjadi pada saat penelitian dilakukan. Berdasarkan penelitian di lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa praktik gadai motor di Desa Talang Kecamatan Sendang, ada hal yang tidak sesuai dengan hukum Islam, yakni adalah adanya unsur yang bertentangan dengan syara’ yaitu adanya unsur riba dan pemanfaatan barang jaminan gadai tanpa sepengetahuan pemilik sepeda motor yang dilakukan oleh pihak kreditur, padahal dalam hukum Islam pemanfaatan barang gadai tidak diperbolehkan, dalam KUH Perdata pun juga tidak diperbolehkan pemanfaatan barang jaminan gadai karena barang jaminan gadai hanya digunakan sebagai jaminan pelunasan utang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153052 Betty Wulandari
Date Deposited: 06 May 2019 07:39
Last Modified: 06 May 2019 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item