PROFIL PEMAHAMAN ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII Di MTsN 6 TULUNGAGUNG

RINDU LAILI SUKMA, 17204153024 (2019) PROFIL PEMAHAMAN ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII Di MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Pemahaman Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Rindu Laili Sukma, NIM. 17204153024. Pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman, Aljabar, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang kurang memahami dalam materi aljabar. Mereka menganggap bahwa materi aljabar tidak berkaitan dengan maetri selanjutnya yaitu persamaan linier dua variabel. Terlebih lagi siswa harus menghafalkan dan memahami lebih dari satu rumus, sehingga siswa merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal yang lebih rumit. Permasalahan ini berhubungan dengan pemahaman konsep siswa, dimana pemahaman konsep diperlukan siswa untuk memahami materi yang ada hubungannya dengan konsep tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana pemahaman aljabar siswa kelas VII MtsN 6 Tulungagung yang berkemampuan tinggi pada pelajaran matematika, (2) bagaimana pemahaman aljabar siswa kelas VII MtsN 6 Tulungagung yang berkemampuan sedang pada pelajaran matematika, (3) bagaimana pemahaman aljabar siswa kelas VII MtsN 6 Tulungagung yang berkemampuan rendah pada pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini untuk: (1) mendiskripsikan pemahaman aljabar siswa kelas VII MtsN 6 Tulungagung yang berkemampuan tinggi pada pelajaran matematika, (2) mendiskripsikan pemahaman aljabar siswa kelas VII MtsN 6 Tulungagung yang berkemampuan sedang pada pelajaran matematika, (3) mendiskripsikan pemahaman aljabar siswa kelas VII MtsN 6 Tulungagung yang berkemampuan rendah pada pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti berusaha mengungkapkan secara mendalam tingkat pemahaman aljabar siswa berdasarkan kemampuan matematika siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa kelas VII-B terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah yang kemudian diteliti pemahaman aljabarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan wawancara. Tes yang digunakan terdiri dari 3 soal sesuai indikator pemahaman, serta wawancara sebagai data pendukung. Tempat penelitian ini di laksanakan di MtsN 6 Tulungagung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman aljabar dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, dan mampu menggunakan, memanfaatkan, serta memilih prosedur atau operasi tertentu, (2) pemahaman aljabar dengan kemampuan matematika sedang dalam hal ini cukup mampu menyatakan ulang sebuah konsep, cukup mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, dan cukup mampu menggunakan, memanfaatkan, serta xix memilih prosedur atau operasi tertentu, (3) pemahaman aljabar dengan kemampuan matematika rendah dalam hal ini tidak mampu menyatakan ulang sebuah konsep, tidak mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, dan tidak mampu menggunakan, memanfaatkan, serta memilih prosedur atau operasi tertentu

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153024 RINDU LAILI SUKMA
Date Deposited: 09 May 2019 03:47
Last Modified: 09 May 2019 03:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item