KREATIFITAS GURU FIQIH DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs MIFTAHUL JANNAH DESA PARAKAN KECAMATAN/KABUPATEN TRENGGALEK

RIZHANUDDIN AL-FIKRI, 2811123200 (2019) KREATIFITAS GURU FIQIH DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs MIFTAHUL JANNAH DESA PARAKAN KECAMATAN/KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru Fiqih dalam Menggunakan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek” yang ditulis oleh Rizhanuddin Al-Fikri, NIM. 2811123200, dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Kreatifitas, Metode Pembelajaran, Prestai Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang kurang memanfaatkan metode pembelajaran dalam memaksimalkan proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk itu perlu adanya kreatifitas guru dalam memanfaatkan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fiqih karena dalam mata pelajaran fiqih diperlukan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa mampu meningkatkan prestai belajarnya baik dalam hal nilai akdemik maupun kemampuan praktik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peneliti mengambil judul penelitian tersebut dan memilih lokasi di MTs Miftahul Jannah Parakan yang guru fiqihnya selalu meningkatkan kreatifitasnnya dalam memanfaatkan metode pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kekreatifitasan guru fiqih dalam merencanakan pemanfaatan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana kekreatifitasan guru fiqih dalam menerapkan pemanfaatan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana efektivitas pemanfaatan metode pembelajaran oleh guru fiqih dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Jannah Desa Parakan Kecamatan/Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MTs Miftahul Jannah Parakan, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Kreatifitas guru dalam merencanakan metode pmebelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Jannah Parakan yaitu dengan mempertimbangkan metode pembelajaran yang akan digunakan melalui penyusunan RPP. Metode pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan materi yang akan dibahas, sesuai dengan kondisi kelas dan siswa, serta fasilitas dan alokasi waktu yang tersedia. (2) Kreatifitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran pada prosespembelajaran fiqih di MTs Miftahul Jannah Parakan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran tersebut dengan pengolaborasian yang cocok sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Metode pembelajaran tersebut digunakan dengan cara digabungkan dalam satu kali pertemuan untuk menutupi kekurangan dari masing-masing metode pembelajaran. (3) Efektifitas pemanfaatan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Jannah parakan dapat diketahui dengan meningkatnya prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa semakin meningkat baik dari segi nilai akademik dan juga mampu mempraktikkannya dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123200 RIZHANUDDIN AL-FIKRI
Date Deposited: 09 May 2019 03:19
Last Modified: 09 May 2019 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item