PENGARUH PROFESIONALISME GURU AL-QUR’AN HADIS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

INDA MAILIA, 17201153173 (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU AL-QUR’AN HADIS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadis terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Inda Mailia, NIM. 17201153173, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP.19800825 200604 1 007 Kata kunci: Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya profesionalisme guru al-Qur’an Hadis dalam melaksanakan pendidikan. Guru profesional adalah guru yang berkualitas, berkompetensi dan mempengaruhi proses belajar mengajar, sehingga profesionalisme yang tinggi dalam mengajar akan memberi motivasi bagi siswa untuk lebih mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam mempelajari Al-Qur’an Hadis serta mampu mendatangkan prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, guna mewujudkan motivasi dan prestasi belajar yang lebih baik, maka diperlukan guru profesional. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis terhadap motivasi dan prestasi belajar kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. Pola penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Ex Post Facto, variabel bebas: profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis (X), variabel terikat: motivasi belajar (Y1) dan prestasi belajar (Y2). Populasi: seluruh siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 287 siswa. Sampling: simple random sampling. Sampel: 86 siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Analisis data: regresi sederhana, MANOVA dan uji F Hasil penelitian: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru Al-Quran Hadis terhadap motivasi belajar, dibuktikan dengan thitung 10,583> ttabel 1,988 dengan signifikansi 0,000<0,05. 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan thitung 9,305>ttabel 1,988 dengan signifikansi 0,000<0,05. 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru Al-Qur’an Hadis terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan Fhitung 129,645>Ftabel 3,96 dengan signifikansi 0,000<0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153173 INDA MAILIA
Date Deposited: 02 May 2019 07:51
Last Modified: 02 May 2019 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item