KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG DI SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK

FITRIA FAUZIYAH, 17204153173 (2019) KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG DI SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang di SMPN 2 Durenan Trenggalek ini ditulis oleh Fitria Fauziyah, NIM. 17204153173, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Kecerdasan, Kecerdasan Visual Spasial,. Fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Seringkali dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya pemberian stimulus tentang kecerdasan visual spasial dalam penyelesaian masalah sehingga kecerdasan visual spasial siswa kurang tereksplor dengan bebas dalam menyelesaikan permasalahan. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan visual spasialnya, maka diberi beberapa masalah yang memuat tentang karakteristik kecerdasan visual spasial untuk dipecahkan atau diselesaikan oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial siswa kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun ruang di SMPN 2 Durenan, 2) mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah bangun ruang di SMPN 2 Durenan, 3) mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun ruang di SMPN 2 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas IX A dengan 3 kriteria kecerdasan visual spasial siswa dengan kemampuan matematika, yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing – masing kriterian adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1), Tes 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) Kecerdasan visual spasial siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun ruang mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasaan visual spasial yang diantaranya pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah dan pencarian pola, namun ada satu indikator pada pemecahan masalah yang belum terpenuhi. 2) Kecerdasan visual spasial siswa yang memiliki kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah bangun ruang mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasaan visual spasial yang diantaranya pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah dan pencarian pola, namun ada empat indikator yang belum terpenuhi. 3) Kecerdasan visual spasial siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah bangun ruang hanya mampu memenuhi tiga karakteristik kecerdasan visual spasial yang diantaranya pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah, namun tidak memenuhi karakteristik kecerdasan visual spasial pencarian pola.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153173 FITRIA FAUZIYAH
Date Deposited: 02 May 2019 06:34
Last Modified: 02 May 2019 06:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10699

Actions (login required)

View Item View Item