STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

RINA NURVIANTI, 17201153040 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Rina Nurvianti, NIM.17201153040, dosen pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religious siwswa melalui Islamic behavior Disposition, dan Etihics untuk mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah. Fokus peneliitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui Islamic Behavior di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung. (2)Bagaimana strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui Disposition di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung (3)Bagaimana strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui Ethics di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui Islamic Behavior di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung. (2)Untuk mengetahui strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui Disposition di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung. (3)Untuk mengetahui strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui Ethics di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi( triangulasi teknik), mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Dan hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa : (1)Membiasakan penanaman karakter religius dengan seputar tadarus Al-Qur’an, tartil Al-Quran, shalat Dhuha dan shalat Dhuhur berjamaah menggunakan metode ceramah dan metode uswatun khasanah tujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pelaksanaan shalat Dhuhur berjamaah, memberi teguran dan hukuman apabila siswa kurang displin, memberi contoh tentang kepedulian terhadap lingkungan melalui program adiwiyata.(2) Membiasakan menanamkan karakter religius dengan mengadakan infak, Qotmil Al-Quran, MTQ dan latihan hadrah, kegiatan keagamaan tahunan, misalnya pondok ramadhan, hari santri, dan maulid Nabi Muhammad SAW. (3) Membiasakan menanamkan karakter menggunakan metode kelompok dan tanya jawab dalam pengelolaan kelas, dengan tujuan mengkondisikan siswa agar tidak membuat gaduh dalam kelas,menanamkan kebiasaan 3S (salam, senyum, sapa) untuk menghormati dan menghargai antar sesama, lebih sopan terhadap orang yang lebih tua dari siswa, bekerja sama dengan guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi masalah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153040 RINA NURVIANTI
Date Deposited: 06 May 2019 03:53
Last Modified: 06 May 2019 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item