PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CETAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 TULUNGAGUNG

CHUSNA NUR MASLICHAH, 17201153196 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CETAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (696kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Media Cetak terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung”, ini ditulis oleh Chusna Nur Maslichah, NIM. 17201153196. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Kojin, M.A. NIP. 19691101 199803 1 002 Kata kunci: Pemanfaatan Media Cetak, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemanfaatan media cetak terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Sebuah pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan, sehingga guru dalam pengajarannya harus dapat memanfaatkan media pembelajaran terutama media cetak yang merupakan bagian dari kehidupan peserta didik seperti sarana prasarana belajar yang lengkap yang harus dimiliki oleh pihak sekolah untuk mendukung adanya variasi dalam pengajaran sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Pemanfaatan media cetak akan menimbulkan hasil belajar yang baik pula bagi siswa, ditambah lagi dengan adanya peningkatan motivasi belajar itu akan membuat siswa semakin bersemangat dalam pembelajaran, dan jika siswa semakin bersemangat dalam pembelajaran akan membawa hasil yang baik dalam hasil belajar siswa utamanya pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemanfaatan media cetak terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemanfaatan media cetak terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara pemanfaatan media cetak terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media cetak terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media cetak terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara pemanfaatan media cetak terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex-postfacto dengan jenis korelasi dengan populasi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung, yang terdiri dari 339 siswa. Dengan teknik sampling simple random sampling diperoleh sampel 68 siswa. Adapun variabel bebas:pemanfaatan media cetak serta variabel terikat: motivasi belajar dan hasil belajar. Sumber data: responden dan dokumen. Adapun teknik pengumpulan data: angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, homogenitas varian, homogenitas matriks varian/covarian, uji manova dan uji F dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows 10. Hasil penelitian ini: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan media cetak terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung yang mana nilai-F sebesar 3.198 dan memiliki nilai taraf signifikansi yang lebih kecil dari pada nilai probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan media cetak terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung yang mana nilai-F sebesar 1.866 dan memiliki nilai taraf signifikasi yang lebih kecil dari pada nilai probabilitas 0,05 atau 0,036 < 0,05. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan dari variabel bebas (pemanfaatan media cetak) terhadap variabel terikat (motivasi belajar dan hasil belajar) secara simultan (bersama-sama) siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung yang mana nilai-F sebesar 62.217 dan memiliki nilai taraf Signifikansi yang lebih kecil dari pada nilai probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusna N.M 17201153196 Chusna Nur Maslichah
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:56
Last Modified: 27 Mar 2020 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item