PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2018/2019

MERITA WAHYUNINGTYAS, 17204153193 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Phytagoras Di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Merita Wahyuningtyas, NIM. 17204153193, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Peer Teaching, Hasil Belajar, Teorema Phytagoras Matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan menurut kebanyakan orang. Ada juga yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang ditakuti. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Metode peer teaching merupakan metode yang dirancang untuk memotivasi siswa dalam mempelajari materi pelajaran sebaik mungkin dan memberi tanggungjawab yang besar pada siswa untuk belajar baik secara kelompok maupun individual sehingga dapat membina rasa saling menghargai antara siswa yang saling bekerja sama. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode konvensional dikelas kontrol. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode peer teaching dikelas eksperimen. (3) Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019 dengan penggunaan metode peer teaching lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Dalam mengambil sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan metode peer teaching dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar pada kelas kontrol dengan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata 83,10 dan berada pada kategori kelas tinggi. (2) Hasil belajar pada kelas eksperimen dengan metode peer teaching memperoleh nilai rata-rata 94,40 dan berada pada kategori kelas sangat tinggi. (3) Pembelajaran dengan metode peer teaching lebih baik dibandingkan metode konvensional. Hal ini terbukti dengan nilai atau 6,270 > 2,001 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat dikatakan “ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode peer teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi teorema Phytagoras di SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153193 MERITA WAHYUNINGTYAS
Date Deposited: 06 May 2019 03:09
Last Modified: 06 May 2019 03:09
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10679

Actions (login required)

View Item View Item