HUBUNGAN HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PERILAKU SISWA MTs HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN KEDIRI

ISNA QUROTUL AINI, 17201153399 (2019) HUBUNGAN HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PERILAKU SISWA MTs HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Hafalan Al-Qur’an Dengan Perilaku Siswa MTs Hidayatul Muta’allimin Kediri” ini ditulis oleh Isna Qurotul Aini, NIM. 1720153399, pemimbing Drs. H. Timbul, M. Pd.I Kata kunci : Hafalan al-Qur’an, Perilaku Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa seorang penghafal al-Qur’an biasanya memiliki perilaku yang baik, akan tetapi pada kenyataannya tidak semua penghafal al-qur’an mempunyai perilaku baik. Seharusnya seorang penghafal al-Qur’an bisa memahami dan menghayati makna yang tersirat maupun tersurat yang terdapat dalam al-Qur’an, supaya bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari salah satunya bisa dilihat dari segi perilakunya baik keagamaan, sosial, maupun terhadap diri sendiri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan hafalan al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan siswa MTs Hidayatul Muta’alimin Kediri? (2) Adakah hubungan hafalan al-Qur’an terhadap perilaku sosial siswa MTs Hidayatul Muta’alimin Kediri? (3) Adakah hubungan hafalan al Qur’an terhadap perilaku individu siswa MTs Hidayatul Muta’alimin Kediri? Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hubungan hafalan al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan siswa MTs Hidayatul Muta’alimin Kediri. (2) Mengetahui hubungan hafalan al-Qur’an terhadap perilaku sosial siswa MTs Hidayatul Muta’alimin Kediri. (3) Mengetahui hubungan hafalan al-Qur’an terhadap perilaku individu siswa MTs Hidayatul Muta’alimin Kediri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII MTs Hidayatul Muta’allimin Kediri sebanyak 38 siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas, reliabuilitas, normalitas, linieritas, homogenitas, dan korelasi product moment dengan bantuan SPSS for Windows 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlations) dapat diketahui nilai r hitung untuk hubungan hafalan al-Qur’an (x) dengan perilaku keagamaan (y1) adalah sebesar 0,753 > r tabel 0,320, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel hafalan al-Qur’an dengan variabel perilaku keagamaan siswa. Selanjutnya, nilai r hitung untuk hubungan hafalan al-Qur’an (x) dengan perilaku sosial (y2) adalah sebesar 0,674 > r tabel 0,320, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel hafalan al Qur’an dengan variabel perilaku sosial siswa. Selanjutnya, nilai r hitung untuk hubungan hafalan al-Qur’an (x) dengan perilaku individu (y3) adalah sebesar 0,663 > r tabel 0,320, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel hafalan al-Qur’an dengan variabel perilaku individu siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153399 ISNA QUROTUL AINI
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:37
Last Modified: 30 Apr 2019 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item