PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019

NURUL DWI PURWATI, 17201153322 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah 4 Tulungagung Tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Nurul Dwi Purwati, NIM.17201153322. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang dibimbing Dr. H. Nur Efendi, M. Ag. NIP.196501201998031002. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak, Perhatian Guru, Pembelajaran Dialogis, Pemanfaatan Teknologi, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran seorang guru atau biasa disebut dengan kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh semua guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan bahkan juga pelaksanakannya dapat dilakukan secara kondusif sehingga mempunyai hasil yang diharapkan. Guru yang berkualitas sangat berpengaruh pada terciptanya proses dan prestasi belajar yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh perhatian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung? (2) adakah pengaruh pembelajaran dialogis guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung? (3) adakah pengaruh pemanfaatan teknologi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh perhatian guru Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. (2) untuk mengetahui adakah pembelajaran dialogis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. (3) untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan teknologi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung yang berjumlah 356 siswa. Sampel berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Uji prasyarat instrument menggunakan uji validitas, uji reliabelitas, Normalitas dan linieritas. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian yaitu, (1) Ada pengaruh sangat kuat antara perhatian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung 7.122 dan ttabel dengan taraf signifikasi 0.05 diperoleh nilai ttabel 2.048. Perbandingan antara keduanya menghasilkan thitung > ttabel ( 7.122 > 2.048). Nilaisignifikasi t untuk variabel perhatian guru adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 ( 0.000 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Sehingga semakin baik perhatian guru maka akan semakin meningkat prestasi belajar siswa. (2) Ada pengaruh kuat antara pembelajaran dialogis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung 4.748 dan ttabel dengan taraf signifikasi 0.05 diperoleh 2.048 (thitung 4.748 > ttabel 2.048). Nilai signifikasi t untuk variabel pembelajaran dialogis adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 ( 0.000 < 0.05). Dalam pengujian ini H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dialogis guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Sehingga semakin baik pembelajaran dialogis maka akan semakin meningkat prestasi belajar siswa. (3) Ada pengaruh cukup kuat antara pemanfaatan teknologi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung 2.431 dan ttabel dengan taraf signifikasi 0.05 diperoleh nilai ttabel 2.048 ( thitung 2.431 > ttabel 2.048). Nilai signifikasi t untuk variabel pemanfaatan teknologi adalah 0.022 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 ( 0.022 < 0.05). Dalam pengujian ini H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Sehingga semakin baik pemanfaatan teknologi maka akan semakin meningkat prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153322 NURUL DWI PURWATI
Date Deposited: 07 May 2019 03:45
Last Modified: 07 May 2019 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10653

Actions (login required)

View Item View Item