PENGARUH MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MIFTAH ADHANI, 17205153037 (2019) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Miftah Adhani, 17205153037, Pengaruh Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd.I Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, Guru di dalam kelas masih menerapkan metode konvensional dan pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai bahkan tanpa menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran serta membantu peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran. Untuk itu diperlukan media yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu dengan tumbuhnya motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Maka peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (2) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (3) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas I - VI MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan III-B MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket motivasi belajar diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,031 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,006 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (3) hasil uji Anova 2 jalur angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,001 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: miftah 17205153037 miftah adhani
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:52
Last Modified: 08 Apr 2020 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item