STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS JASA JAHIT PERMAK PAKAIAN PADA PERSAINGAN PASAR HOMOGEN (Studi Kasus Penjahit Permak Pakaian Pinggir Jalan Adi Sucipto Tulungagung)

GHUFRON YUSUF HARIYADI, 1742143107 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS JASA JAHIT PERMAK PAKAIAN PADA PERSAINGAN PASAR HOMOGEN (Studi Kasus Penjahit Permak Pakaian Pinggir Jalan Adi Sucipto Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Kualitas Jasa Jahit Permak Pakaian pada Persaingan Pasar Homogen (Studi Kasus Penjahit Permak Pakaian Pinggir Jalan Adi Sucipto Tulungagung)” yang ditulis oleh Ghufron Yusuf Hariyadi, NIM. 1742143107, jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Tulungagung dengan pembimbing skripsi Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini memilih penjahit permak pakaian pinggir Jalan Adi Sucipto Tulungagung sebagai objek penelitian, hal tersebut dilatar belakangi oleh menariknya lokasi dan strategi pengembangan kualitas jasa, karena jarang ditemui dimana para pelaku usaha menawarkan jasa yang sama dalam satu pasar namun tetap bersaing antar pelaku usaha dan dalam hal ini jasa yang ditawarkan yaitu jahit permak pakaian. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktek usaha jasa jahit permak pakaian di sepanjang Jalan Adi Sucipto Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi pengembangan kualitas penjahit permak pakaian di Jalan Adi Sucipto Tulungagung?, (3) Bagaimana kendala yang dihadapi pelaku usaha jasa jahit permak pakaian di Jalan Adi Sucipto Tulungagung? dan (4) Bagaimana solusi untuk pengembangan usaha jasa jahit permak pakaian di Jalan Adi Sucipto Tulungagung?. Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif deskriptiif ini menggunakan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara kepada beberapa informan dan juga data sekunder yang berupa studi dokumen. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, (1) Dalam praktek usaha jasa jahit, penjahit buka mulai pukul 09.00 WIB menerima permintaan model sesuai konsumen dan waktu tutup penjahit permak sampai pukul 17.00 WIB, (2) Strategi pengembangan kualitas penjahit permak (a) secara internal yaitu pengembangan diri meliputi update dengan model dan teknik menjahit dari berbagai sumber seperti melihat vidio youtube, membaca buku dan media cetak lainnya, tukar pengalaman dengan penjahit lain, pengembangan bersama dalam kelompok, dan (b) strategi pengembangan eksternal yaitu pengembangan pelayanan jasa, serta kualitas pelayanan jasa jahit, (3) Kendala yang dihadapi penjahit (a) secara internal yaitu lokasi pasar yang jauh dengan rumah penjahit, kesibukan lain yang dapat menganggu jam kerja, kesehatan penjahit dan (b) kendala eksternal yaitu minimnya lokasi untuk tempat penjahit, tidak adanya pengelolaan lanjutan maupun pembaruan, tidak ada pembeda atau ciri dari penyedia jasa yang sejenis (4) Solusi untuk mengatasi kendala (a) secara internal yaitu perlunya konsistensi waktu dan berangkat lebih pagi bagi penjahit, menginformasikan kesibukan kepada penjahit lain, serta pemberian nomor yang bisa dihubungi, dan (b) secara eksternal yaitu pemberian lahan parkir pelanggan, pembaruan dan pembenahan tempat penjahit, dan pemberian pembeda serta kuitansi untuk memudahkan pelanggan. Kata Kunci : Pengembangan Kualitas, Pasar Homogen, Jasa Permak

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143107 GHUFRON YUSUF HARIYADI
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:35
Last Modified: 29 Apr 2019 08:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item