PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PRODUK TABUNGAN DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

SISKA APRILIA, 17401153249 (2019) PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PRODUK TABUNGAN DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemasaran Relasional dan Nisbah Bagi Hasil terhadap Loyalitas Anggota Produk Tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Siska Aprilia, NIM. 17401153249, pembimbing Muhammad Aswad, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) berkembang diwilayah Jawa Timur. Salah satu BMT yang masih mampu bertahan adalah BMT Pahlawan Tulungagung yang menerapkan strategi pemasaran. Penerapkan strategi pemasaran yang dilakukan berupa pemasaran relasional (relationship marketing) yang dianggap sudah optimal untuk mempertahankan anggotanya, namun pada kenyataannya dari tahun ketahun masih terdapat anggota produk tabungan yang tidak aktif lagi bertransaksi. Selain itu penetapan nisbah bagi hasil juga dilakukan, namun sampai sekarang sebagian besar anggota produk tabungan tidak mengetahui tentang dasar penentuan prosentase bagi hasil yang diterapkan dalam BMT Pahlawan Tulungagung. Dengan demikian, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemasaran relasional terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung, untuk menguji pengaruh nisbah bagi hasil terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung dan untuk menguji pemasaran relasional dan nisbah bagi hasil bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 387 responden. Tahap selanjutnya data kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda dengan memenuhi Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis serta Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pemasaran relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung thitung > ttabel, yaitu 5,977 > 1,968. Nisbah bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 3,838 > 1,968. Selain itu pemasaran relasional dan nisbah bagi hasil secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 27,446 > 2,62. Nilai R Square sebesar 0,125 menunjukkan bahwa kemampuan variabel pemasaran relasional dan nisbah bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota produk tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung sebesar 12,5%, sisanya dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata Kunci: pemasaran relasional, nisbah bagi hasil, loyalitas anggota

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153249 SISKA APRILIA
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:05
Last Modified: 26 Apr 2019 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item