PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN, CITRA MEREK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

PITA LOKA KUSUMAWARDANI, 17401153251 (2019) PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN, CITRA MEREK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pembiayaan Di BMT Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Pita Loka Kusumawardani, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 17401153251, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah,M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat tentang lembaga keuangan terutama BMT, menyebabkan BMT sulit berkembang di daerah Jawa Timur. Ada beberapa kabupaten yang masih bisa diharapkan BMT mampu untuk berkembang salah satunya yaitu Tulungagung. Di Tulungagung BMT Pahlawan turut berkembang pesat dengan jumlah anggota pembiayaan sebanyak 1.510 orang. Berbagai upaya telah dilakukan BMT untuk memperkenalkan produk dan juga perusahaanya, dengan melalui promosi, sosialisasi, membangun persepsi yang positif di benak masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menghubungkan variabel pengetahuan konsumen, citra merek, dan kualitas layanan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Dengan tujuan penelitian yakni: 1) untuk menguji pengaruh signifikan pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan; 2) untuk menguji pengaruh signifikan citra merek terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan; 3) untuk menguji pengaruh signifikan kualitas layanan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan; 4) untuk menguji pengaruh pengetahuan konsumen, citra merek, dan kualitas layanan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu nasabah pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan jenis sampel random sampling. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang digunakan telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Dengan menggunakan bantuan bantuan software SPSS for windows versi 16 diperoleh hasil penelitian uji t parsial sebagai berikut: 1) variabel pengetahuan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan; 2) variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan; 3) variabel kualitas layanan berpengaruh positif terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan. Selanjutnya melalui uji f SPSS dapat diketahui variabel pengetahuan konsumen, citra merek, kualitas layanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Kata Kunci: Pengetahuan Konsumen, Citra Merek, Kualitas Layanan, Keputusan Anggota

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153251 PITA LOKA KUSUMAWARDANI
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:28
Last Modified: 29 Apr 2019 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item