PENGARUH SCAFFOLDING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMP 1 NEGERI SUMBERGEMPOL

IRFA ILMATUN NAFI’AH, 172041 53157 (2019) PENGARUH SCAFFOLDING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMP 1 NEGERI SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Scaffolding terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol” ini ditulis oleh Irfa Ilmatun Nafi’ah, NIM 17204153157,TMT, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M Kata Kunci: Scaffolding, Motivasi, Hasil, Belajar Fenomena yang menunjukkan bahwa siswa tidak menyukai matematika. Hal ini disebabkan karena materinya dirasakan sulit, sehingga siswa menjadi malas belajar matematika. Oleh karena itu, perlunya sebuah pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Salah satu upaya dengan pemberian Scaffolding. Dengan pemberian Scaffolding diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Scaffolding terhadap motivasi belajar matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol. (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Scaffolding terhadap hasil belajar matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol. (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Scaffolding terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol. Sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VIII F dan kelas VIII H . Sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar. Sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, Instrumen terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, analisis yang digunakan adalah uji MANOVA Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan pemberian Scaffolding terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan pemberian Scaffolding terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan pemberian Scaffolding terhadap motivasi dan hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat didimpulkan bahwa Scaffolding dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP 1 Negeri Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 172041 53157 IRFA ILMATUN NAFI’AH
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:14
Last Modified: 26 Apr 2019 03:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item