PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LUTFI MEY ROCHMAWATI, 17204153041 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Lutfi Mey Rochmawati, NIM 17204153041, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika Banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga kurang berminat saat pembelajaran matematika dimulai. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran yang dipilih kurang tepat. Selain itu, materi yang disampaikan masih terlalu abstrak untuk siswa, akibatnya motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika khususnya. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga. Dengan model ini motivasi siswa dapat meningkat, menjadikan lebih aktif dalam belajar matematika, bertanggung jawab atas dirinya maupun kelompoknya. Selain itu dengan alat peraga, materi yang mulanya abstrak dapat menjadi konkrit saat di pelajari oleh siswa sehingga lebih mudah di pahami siswa yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol tahun pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol tahun pelajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari sebelas kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Hasil menggunakan uji MANOVA. Sebelum menguji hipotesis terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa materibentuk aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,002 0,05 pada taraf signifikansi 5% (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa materi bentuk aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,003 0,05 pada taraf signifikansi 5% (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan alat peraga terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa materi bentuk aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,005 0,05 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153041 LUTFI MEY ROCHMAWATI
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:18
Last Modified: 25 Apr 2019 08:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item