PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019

UMMU LAFIFATUL CHUSNA, 1724143258 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (260kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams-Achievement Division (STAD) kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung tahun 2018/2019” Yang ditulis oleh Ummu Lafifatul Chusna, NIM.1724143258, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams-Achievement Division (STAD) Rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa takut dan malu untuk bertanya, dan guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan model pembelajaran yang lebih mengutamakan kegiatan diskusi kelompok supaya hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa meningkat. Seperti model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams-Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada model pembelajaaran kooperatif tipe NHT dan STAD siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. (2) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experiment Design. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa diakhir kegiatan. Populasinya adalah seluruh kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berjumlah 39 siswa dan VIII C sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berjumlah 38 siswa. Analisis yang digunakan adalah uji-t atau uji beda. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah 83,97 dan kelas eksperimen II adalah 75,66 dengan nilai thitung ttabel atau 3,884 1,665 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 0,05. Selanjutnya dari hasil penelitian didapatkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen I adalah 109,21 dan kelas eksperimen II adalah 100,89. Didapatkan nilai thitung ttabel atau 3,910 1,665 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143258 UMMU LAFIFATUL CHUSNA
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:24
Last Modified: 24 Apr 2019 06:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item