ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

UMI KULSUM, 17204153013 (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Umi Kulsum, 17204153013, 2019, Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M.kes, Ph.D Kata Kunci : kesalahan, soal cerita, Newman’s Error Analysis Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, hal ini bisa dilihat dari pencapaian hasil belajar matematika yang relatif rendah dibandingkan dengan hasil belajar mata pejaran yang lain. Pemberian soal matematika dalam bentuk soal cerita dimaksudkan untuk menunjukan kegunaanya yaitu memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir soal cerita matematika sampai saat ini dirasa masih sangat rendah. Peranan guru sangat penting dalam menentukan metode yang sesuai dan tepat dalam sebuah pembelajaran. Selain dari pembelajaran guru, juga dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswa dalam pemahaman konsep dari suatu materi. Kemampuan matematika dibedakan menjadi kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Untuk itu perlu adanya analisis siswa dalam menyelesaikan soal dengan tujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita berdasarkan NEA ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana jenis kesalahan siswa kemampuan tinggi dalam mengerjakan soal cerita matematika, (2) Bagaimana jenis kesalahan siswa kemampuan sedang dalam mengerjakan soal cerita matematika, (3) Bagaimana jenis kesalahan siswa kemampuan rendah dalam mengerjakan soal cerita matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes tertulis dan wawancara.Data yang dianalisis adalah data hasil tes dan hasil wawancara. Lokasi penelitian terletak di MTs Darul falah Sumbergempol. Metode pengumpulan data diberikan kepada siswa kelas VIII C. setelah observasi selama pembelajaran SPLDV dan menentukan nilai rata siswa yang diambil dari berbagai nilai hasil belajar, diambil 6 siswa yang memenuhi kategori jenis kemampuan matematika. Hasil tes di analisis kesalahanya menggunakan indikator prosedur Newman Error Analysis meliputi kesalahan (1) Decoding (2) Comprehension (3) Transformation (4) process Skill (5)Encoding, dan dikuatkan dengan hasil wawancara siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh dalam penelitian, maka diperoleh: (1) siswa berkemampuan matematika tinggi cenderung melakukan kesalahan pada tahap encoding. (2) siswa berkemampuan matematika sedang cenderung melakukan kesalahan pada tahap transformation, processskiil dan encoding. (3) siswa berkemampuan matematika rendah cenderung melakukan kesalahan pada tahap comprehension, transformation, processskiil dan encoding.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153013 UMI KULSUM
Date Deposited: 25 Apr 2019 07:40
Last Modified: 25 Apr 2019 07:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item