PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG

MARCELLA AMI, 17201153293 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung “ ini ditulis oleh Marcella Ami, NIM 17201153293, pembimbing Dr.Nurul Hidayah M.Ag. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memahami cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efesien, kurang kreativitasnya guru dalam penggunaan media pembelajaran dengan tujuan meningkatkan mutu pengajaran secara baik, dan penggunaan media masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto, menggunakan metode korelasional dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung yang berjumlah 85 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel 26 siswa. Sedangkan instrument dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berupa media visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (2,648 > 2,064). Nilai signifikan t untuk variabel penggunaan media pembelajaran berupa media visual adalah 0,014 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,014 (0,014 < 0,05). 2) Ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berupa media audio terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (-2,411 > 2,064). Nilai signifikan t untuk variabel penggunaan media pembelajaran berupa media audio adalah 0,024 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,024 (0,024 < 0,05). 3) Ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berupa media audiovisual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (-2,277 > 2,064). Nilai signifikan t untuk variabel penggunaan media pembelajaran berupa media audiovisual adalah 0,036 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,036 (0,036 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153293 MARCELLA AMI
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:20
Last Modified: 29 Apr 2019 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10550

Actions (login required)

View Item View Item