PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

DEWI ULFAYIN, 17205153122 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019ˮ yang ditulis oleh Dewi Ulfayin dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayah, M. Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua. Penelitian dalam skripsi ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pola asuh orang tua dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pola asuh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di MI Nurul Islam Mirigambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019? 2) Adakah pengaruh pola asuh orang tua permisif terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirgambar Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Adakah pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirgambar Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019? 4) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirgambar Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua permisif terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 4) Untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas I, II, III, IV, V, dan VI MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yang berumlah 115 peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 90 peserta didik dari jumlah populasi menggunakan teknik acak sederhana dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pola asuh orang tua. Dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mencari informasi tentang sekolah tempat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang belumnya dilakukan uji normalitas, uji linieritas, dan uji asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan program komputer Statistical Product and Sevice Solution (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan dari analisis data didapatkan: 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,368 > 1,990). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua otoriter adalah 0,020 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,020 < 0,05). 2) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,258 > 1,990). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua permisif adalah 0,026 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,026 < 0,05). 3) Berdasarkan perhitungan diperolah nilai thitung > ttabel (2,081 > 1,990). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua demokratis adalah 0,040 dan nilai tersebut lebih kecil 0,05 (0,040 < 0,05). 4) Berdasarkan perhitungan menunjukkan Fhitung > Ftabel (9,296 > 2,711) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Sumbangan pengaruh variabel pola asuh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 adalah sebesar 21,9% sedangkan 79,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153122 DEWI ULFAYIN
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:26
Last Modified: 24 Apr 2019 07:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item