UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT DAARUSSALAM TULUNGAGUNG

HANIFA INAYATURROHMAH, 17201153177 (2019) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT DAARUSSALAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul : “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SMPIT Darussalam Tulungagung“ ini ditulis oleh Hanifa Inayaturrohmah, NIM. 17201153177, yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag Kata kunci : Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan Agama Islam Kualitas pendidikan sekolah bergantung pada kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala sekolah bertugas membimbing pengawasan dan bimbingan kepada guru bertugas dalam bidang studi. Upaya peningkatan pendidikan guru ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh kepala sekolah dan pendidik dengan kemampuan dan usaha-usaha mereka sendiri. Namun seringkali pendidik masih memerlukan bantuan orang lain karena mereka belum memahami jenis prosedur dan mekanisme memperoleh berbagai sumber yang sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Disinilah diperlukan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Darussalam Tulungagung. Dengan adanya peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah diharapkan bisa menciptakan pendidikan yang berkualitas sehingga akan mengantarkan peserta didik menuju kesuksesan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Daarussalam Tulungagung? (2) Bagaimanakah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Daarussalam Tulungagung? (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Daarussalam Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Daarussalam Tulungagung, peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Daarussalam Tulungagung dan apa saja faktor penghambat dan pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMPIT Daarussalam Tulungagung tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penyimpulan data. Menetapkan keabsahan data dengan teknik triangulasi dan auditing data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diantaranya: seperti pengembangan administrasi kurikulum, pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan SDM dalam hal ini pendidik dengan mengikutsertakan seminar dan workshop, memotivasi pendidik dan warga sekolah lainnya. Dalam peningkatan kualitas pendidikan peran kepala sekolah sangat penting sebagai leader, supervisior dan manager agar kualitas pendidikan dapat tercapai. Dalam peningkatan kualitas pendidikan ada faktor penghambat dan faktor pendukung salah satu faktor penghambatnya adalah pendidik yang kurang inovasi kurang memperbaharui pengetahuan, kurangnya dana pendidikan, kurangnya sarana dan prasarana pendidikan maupun pembelajaran. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sumber daya manusia muda dan disiplin, pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar selalu dikembangkan mengikuti zaman, pemberian motivasi terhadap pendidik dan warga sekolah. Dari uraian diatas sebaiknya kepala sekolah lebih bertanggung jawab dalam bertugas membimbing dan mengarahkan para guru sehingga dapat menumbuhkan kesadaran guru untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153177 HANIFA INAYATURROHMAH
Date Deposited: 22 Apr 2019 06:54
Last Modified: 22 Apr 2019 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item