PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV KELAS VIII B MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

ANIS DWI NURJANAH, 17204153180 (2019) PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV KELAS VIII B MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Kelas VIII B MTs Al Ma’arif Tulungagung Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif” ini ditulis oleh Anis Dwi Nurjanah, NIM. 17204153180, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman, Teori APOS, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pemahaman yang baik seringkali dilewatkan oleh siswa. Mereka lebih memilih untuk menghafal daripada memahami makna dari sebuah ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa ini peneliti menggunakan Teori APOS, karena Teori APOS dapat digunakan sebagai suatu alat analisis untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang berbagai topik matematika. Karakteristik siswa yang dikenal dengan gaya belajar juga dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan memandang masalah dalam matematika. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan pemahaman, berdasarkan Teori APOS, dan gaya belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah SPLDV Kelas VIII B MTs Al Ma’arif Tulungagung berdasarkan Teori APOS, 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah SPLDV Kelas VIII B MTs Al Ma’arif Tulungagung berdasarkan Teori APOS. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes MFFT, tes pemahaman SPLDV, dan wawancara. Pemberian tes pemahaman SPLDV dan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini mengambil 4 siswa sebagai subjek penelitian, dimana 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman siswa dengan gaya kognitif reflektif secara umum berada pada tahapan aksi (Action), proses (Process), dan objek (Object). Siswa dengan gaya kognitif reflektif ini belum ada yang mampu mencapai pada tahapan skema (Schema). 2) Sedangkan pemahaman siswa dengan gaya kognitif impulsif secara umum berada pada tahapan proses (Process). Untuk tahapan Aksi (Action) dan objek (Object) hanya dicapai oleh satu siswa. Siswa dengan gaya kognitif impulsif juga belum ada yang mampu mencapai pada tahapan skema (Schema).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153180 ANIS DWI NURJANAH
Date Deposited: 22 Apr 2019 06:34
Last Modified: 22 Apr 2019 06:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item