PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

INTAN JAMILA, 17201153264 (2019) PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (783kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Intan Jamila, 17201153264, Peran Guru Dalam Penggunaan Media Audio Visual Untuk Memotivasi Siswa Dalam Pembelajaran Akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Siswa, Akidah Akhlak. Realitas yang terjadi bahwasannya pemanfaatan media audio visual digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan media audio visual, maka materi pembelajaran dapat tersampaikan secara jelas. Selain itu pemanfaatan media audio visual dalam materi pembelajaran akan dapat membuat siswa lebih fokus dalam belajar serta dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak. Tetapi berdasarkan hasil penelitian yang ada, pemanfaatan media audio visual ini tidak dimanfaatkan dalam setiap materi pembelajaran. walaupun penggunaannya masih dalam taraf rendah, akan tetapi dengan adanya pemanfaatan media audio visual tersebut telah dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran akidah akhlak. Adapun Fokus dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah peran guru dalam penggunaan media audio visual untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 2) Bagaimanakah motivasi siswa ketika menggunakan media audio visual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 3) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media audio visual untuk memotivasi siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Tujuan peneliti ini adalah untuk: 1 ) Untuk mengetahui pemanfaatan media audio visual untuk memotivasi siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat media audio visual untuk memotivasi siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 3) Untuk Mengetahui motivasi siswa ketika menggunakan media audio visual dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Analisis data yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Langkah terakhir metode penelitian adalah: pengecekan keabsahan data hasil penelitian. Hasil penelitian atau kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Bahwa pemanfaatan media audio visual untuk memotivasi siswa dalam mata pelajaran akidah Akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (a) perlu dipersiapkan alat pendukungnya. (b) kesesuaian antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran. dan (c) penyajian guru saat pembelajaran didalam kelas. 2) Bahwa Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media audio visual untukmemotivasi siswa dalam mata pelajaran Akidah akhlak di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Adapaun faktor pendukungnya: (a) Tersedianya alat media pembelajaran, (b) Tersedianya gendset disekolah, dan (c) Mudah dipahami dan lebih senang jika menggunakan media audio visual. Adapun faktor penghambatnya adalah: a) Kemampuan Guru dalam mengoperasikan peralatan audio visual, b) Tidak semua materi bisa menggunakan media audio visual c) Tersitanya waktu didalam kelas karena untuk mengoperasikan media. 3) Bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak akan meningkat ketika menggunakan media audio visual di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (a) sebelum media audio visual dimanfaatkan beberapa siswa belum paham dengan materi dan setelah media audio visual digunakan membuat siswa lebih memperhatikan pelajaran akidah akhlak. dan b) sebelum media audio visual ini dimanfaatkan perhatian siswa kurang berpusat pada pelajaran. Setelah media audio visual ini digunakan siswa tertarik dan secara langsung bisa termotivasi karena dapat melihat visualisasi pembelajaran secara jelas sehingga membuat lebih paham terhadap materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153264 INTAN JAMILA
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:53
Last Modified: 22 Apr 2019 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10496

Actions (login required)

View Item View Item