ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN PT BANK BCA SYARIAH DAN PT BANK BRI SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RGEC (RISK PROFILE, GOVERNANCE, EARNINGS, AND CAPITAL)

FENI KRISMAWATI FAUZIAH, 17401153243 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN PT BANK BCA SYARIAH DAN PT BANK BRI SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RGEC (RISK PROFILE, GOVERNANCE, EARNINGS, AND CAPITAL). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan PT Bank BCA Syariah dan PT Bank BRI Syariah dengan menggunakan Pendekatan RGEC” ini ditulis oleh Feni Krismawati Fauziah, NIM. 17401153243, pembimbing Muhammad Aswad, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesehatan perbankan yang harus diperhatikan untuk bisa terus menjaga eksistensinya. Tingkat kesehatan bank menjadi salah satu tolak ukur kinerja keuangan bank yang penting. Adanya perkembangan kondisi perbankan memunculkan adanya penyempurnaan tingkat kesehatan bank dengan menggunakan pendekatan RGEC. Faktor-faktor penilaian pada pendekatan RGEC adalah risk profile (NPF dan FDR), governance (GCG), earnings (ROA), dan capital (CAR). Dikaji dalam penelitian ini, antara PT Bank BCA Syariah dan PT bank BRI Syariah memiliki perbedaan dilihat dari total aset yang dimiliki, laba, DPK, dan jumlah jaringan kantor PT Bank BCA Syariah tertinggal cukup jauh dari PT Bank BRI Syariah, selain itu melihat dari jenis bank, diketahui bahwa PT Bank BCA Syariah merupakan bank swasta sedangkan PT Bank BRI Syariah merupakan bank pemerintah. Dan juga PT Bank BCA Syariah lebih berfokus kepada nasabah corporate sedangkan PT Bank BRI Syariah berfokus pada nasabah mikro. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan tingkat kesehatan PT Bank BCA Syariah dan PT Bank BRI Syariah pada faktor risk profile, governance, earnings, dan capital periode 2010-2017. Pada penelitian ini pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan triwulan PT Bank BCA Syariah dan PT Bank BRI Syariah dengan periode penelitian dari triwulan III 2010 sampai triwulan IV 2017, dengan jumlah sampel sebanyak 30 data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas, uji homogenitas, uji beda dua sampel bebas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) pada faktor risk profile dengan rasio NPF dan FDR terdapat perbedaan yang signifikan antara PT Bank BCA Syariah dengan PT Bank BRI Syariah, (2) pada faktor governance dengan penilaian GCG tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara PT Bank BCA Syariah dengan PT Bank BRI Syariah, (3) pada faktor earnings dengan rasio ROA tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara PT Bank BCA Syariah dengan PT Bank BRI Syariah, (4) pada faktor capital dengan rasio CAR terdapat perbedaan yang signifikan antara PT Bank BCA Syariah dengan PT Bank BRI Syariah. Kata kunci: Tingkat Kesehatan Bank, Pendekatan RGEC (Risk profile, Governance, Earnings and Capital).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153243 FENI KRISMAWATI FAUZIAH
Date Deposited: 18 Apr 2019 06:29
Last Modified: 18 Apr 2019 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item