PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 WATULIMO TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

DAVID ABTHOLULBIHAR M, 17204153171 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 WATULIMO TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Watulimo Tahun Ajaran 2017/2018 Pada Materi Lingkaran” ini ditulis oleh David Abtholulbihar M, NIM. 17204153171, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar, Metode mind mapping merupakan cara yang paling mudah untuk memasukkan informasi kedalam otak, dan untuk mengambil informasi dari otak. Cara ini adalah cara yang paling kreatif dan efektif dalam membuat catatan. metode mind mapping menjadi solusi yang dipilih oleh penulis untuk membantu siswa dalam memahami materi lingkaran. penulis tertarik untuk mengadakan penelitian eksperimen Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap minat dan hasil belajar siswa. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Watulimo? (2) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Watulimo? (3) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap minat dan hasil belajar siswa pada lingkaran kelas VIII SMPN 2 Watulimo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Watulimo. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas VIII SMPN 2 Watulimo. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Watulimo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswasiswi kelas VIII SMP Negeri 2 watulimo sebanyak 150 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dan Angket. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan Uji Varian Multivariat (MANOVA). Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153171 DAVID ABTHOLULBIHAR M
Date Deposited: 22 Apr 2019 06:30
Last Modified: 22 Apr 2019 06:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item