PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LIAFIYATUR ROSYIDAH, 17205153253 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Liafiyatur Rosyidah, NIM 17205153253. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum NIP. 198404142014031004.Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar. Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya kualitas guru dalam penerapan kompetensi profesional guru di sekolah. Hal ini mengakibatkan rendahnya kreativitas belajar siswa untuk menerima suatu pembelajaran, sehingga hasil belajarpun juga rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan kompetensi profesional guru yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar khususnya mata pelajaran IPA dalam proses pembelajaran. Sebagaimana teori dari Kunandar bahwa guru yang profesional akan tercermin dalam pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik materi maupun metode. Selain itu, guru yang profesional akan selalu berusaha mengelola pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah penelitian ini antara lain: (1) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kreativitas belajar IPA siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar IPA siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? dan (3) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kreativitas belajar dan hasil belajar IPA siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto dengan teknik analisis korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua kelas I sampai VI dengan jumlah 115 siswa. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas IV, V, dan VI dengan jumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui kondisi awal siswa MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Angket digunakan untuk mencari data tentang kompetensi profesional guru dan kreativitas belajar siswa. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data profil MI Nurul Islam mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas,, homogenitas dan MANOVA (Multvariate Analysis of Variance) dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain: (1) Ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kreativitas belajar IPA siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,040 < 0,05. (2) Ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar IPA siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh secara bersama-sama antara kompetensi profesional guru terhadap kreativitas belajar dan hasil belajar IPA siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153253 LIAFIYATUR ROSYIDAH
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:15
Last Modified: 22 Apr 2019 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item