STRATEGI PEMBIAYAAN BAITU MAAL WA TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA ANGGOTA (Studi Kasus di BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Nusantara Umat Mandiri Tulungagung)

MAYA NUR LAILY, 17401153096 (2019) STRATEGI PEMBIAYAAN BAITU MAAL WA TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA ANGGOTA (Studi Kasus di BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Nusantara Umat Mandiri Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Strategi Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil dalam Meningkatkan Usaha Anggota (Studi Kasus di BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Nusantara Umat Mandiri Tulungagung) ” ini ditulis oleh Maya Nur Laily, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 1740115309 dengan dosen Pembimbing Syafrudin Arif, MM, M.Si Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk Lembaga Kauangan Syariah terutama produk pembiayaan yang tentunya tidak sama dengan kredit. Dengan adanya strategi pembiayaan diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk pembiayaan yang ada di BMT Harapan Umat dan BMT Nusantara Umat Mandiri selaku Lembaga Keuangan Mikro Syariah untuk membantu dari segi pendanaan agar dapat meningkatkan suatu usaha atau bisnis yang dimana saat ini semakin berkembang dengan pesat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (field research). Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer maupun sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan model kualitatif deskriptif Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi pembiayaan yang dilakukan BMT Harapan Umat berupa sosialisasi tatap muka, word of mouth dan publikasi. Strategi pembiayaan BMT Nusantara Umat Mandiri yaitu publikasi dan perikalanan. Sedangkan peningkatan usaha atau bisnis anggota yaitu meningkatkan pendapatan, perluasan lokasa usaha atau bisnis dan memenuhi kebutuhan usaha atau bisnis. Sedangkan kendala yang dihadapi berupa kurangnya pengetahuan dan pembiayaan macet. Untuk mengatasi kendala tersebut BMT Harapan Umat tidak menggunakan denda, sedangan BMT Nusantara Umat Mandiri menggunakan denda yang akan dimasukkan kedalam infaq dan sadaqah. Kata Kunci: Strategi Pembiayaan, Peningkatan Usaha

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153096 maya nur laily
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:23
Last Modified: 06 Apr 2020 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item View Item