Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung

Isatul Hasanah, 17205153300 (2019) Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung” Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, ini ditulis oleh Isatul Hasanah, NIM. 17205153300, Pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Gaya Komunikasi Guru, Minat, dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar pada siswa dapat dilakukan dengan penerapan gaya komunikasi yang menyenangkan. Penerapan gaya komunikasi yang menyenangkan diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa terhadap mata pelajaran. Selain itu dengan tumbuhnya minat belajar dapat meningkatkan prestasi siswa di sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin mengamati pengaruh gaya komunikasi guru dalam proses pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu? (2) Adakah Pengaruh Gaya komunikasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Menjelaskan pengaruh gaya komunikasi terhadap minat belajar di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu 2) Untuk Menjelaskan pengaruh gaya komunikasi terhadap prestasi belajar siswa di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu. Metode penelitian mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 hingga 6 dengan jumlah 320 siswa dan seluruh guru yang berjumlah 23 guru di SDI Al-Hakim Maron Boyolangu. Sampel yang digunakan adalah siswa dan guru kelas IV A dan IV B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji MANOVA, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi guru The Equatarian Style berpengaruh terhadap minat belajar siswa, dengan taraf signifikan 0,002 sebesar 63.4%. Gaya komunikasi The Equatarian Style juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, dengan taraf signifikan 0.004 sebesar 71,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa gaya komunikasi menentukan dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa di SDI Al – Hakim Maron Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 17205153300 ISATUL HASANAH
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:20
Last Modified: 15 Apr 2019 07:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item