KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

AININ NIKMATURROHMAH, 17204153143 (2019) KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ainin Nikmaturrohmah, NIM. 17204153143, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Kreativitas, Pemecahan Masalah Open Ended. Fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Seringkali dalam kegiatan pembelajaran, siswa diberikan permasalahan dan penyelesaian yang sesuai dengan contoh yang diberikan guru sehingga siswa tidak diberi kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kreativitasnya. Untuk mengetahui tingkat kreativitasnya memberikan beberapa masalah dengan tipe soal open ended untuk dipecahkan atau diselesaikan oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kreativitas siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah open ended pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung, 2) mendeskripsikan kreativitas siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah open ended pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung, 3) mendeskripsikan kreativitas siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah open ended pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII B dengan 3 kriteria tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan matematika, yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing masing kriterian adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan matematika tinggi ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan dan fleksibilitas. 2) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan matematika sedang ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan dan fleksibilitas. 3) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan matematika rendah ada pada tingkat 1 (kurang kreatif). Komponen yang dipenuhi adalah kefasihan. Selain itu ada siswa yang berada pada tingkat 0, di mana siswa tidak mampu menunjukkan ketiga komponen kreativitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153143 AININ NIKMATURROHMAH
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:59
Last Modified: 18 Apr 2019 03:59
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item View Item