STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK

IZZA AINI SITA, 17201153050 (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi guru PAI dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek”, ini ditulis oleh Izza Aini Sita, NIM: 1720053050, dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto M.Pd Kata Kunci: Strategi, Pembiasaan Shalat Dhuha Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pihak sekolah yang berusaha menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah setiap pagi pada jam istirahat. Kebanyakan sekolah keislaman mempunyai sarana dan prasarana menunjang seperti tempat ibadah, namun di sekolah tersebut fasilitas untuk ibadah masih sangat minim. Hal itu tidak menyurutkan semangat para guru khususnya guru PAI untuk menerapkan kegiatan shalat dhuha berjamaah. Para guru berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat membentuk kepribadian para peserta didik khususnya kelas VII yang memasuki masa transisi dari anak-anak menuju remaja sehingga sangat penting bagi mereka untuk memiliki ketetapan hati supaya tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif yang berada di sekitar mereka. Fokus penelitian: 1) Bagaimana bentuk-bentuk strategi guru PAI dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek? 2) Bagaimana pelaksanaan dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek? 3) Hambatan-hambatan guru PAI dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi guru PAI dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek. 3) Mendeskripsikan hambatan-hambatan guru PAI dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Bentuk-bentuk strategi guru dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek meliputi: memberikan sosialisasi, jadwal shalat dhuha berjamaah, absensi untuk peserta didik, adanya sanksi, 2) Pelaksanaan dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP Islam Gandusari Trenggalek meliputi: pemberitahuan untuk kelas yang mendapat giliran shalat dhuha berjamaah, kerjasama antar guru, adanya pengarahan dari imam sebelum dan sesudah shalat dhuha. 3) Hambatan-hambatan guru PAI dalam menerapkan pembiasaan shalat dhuha berjamaah peserta didik kelas VII di SMP

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153050 IZZA AINI SITA
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:28
Last Modified: 16 Apr 2019 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10441

Actions (login required)

View Item View Item