STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NURUL ALFI LAILA, 17201153084 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (487kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Alfi Laila, NIM 17201153084 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, dosen pembimbing: Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag., NIP 196710291994031004 Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh Lembaga MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yang mengadakan program Al-Qur’an untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an. Dikarenakan masih banyaknya siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, baik faktor intern maupun ekstern. Oleh karena itu, diperlukan strategi guru dalam pembelajaran untuk memberikan dorongan penuh kepada siswa untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitin dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?; 2. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?; 3. Bagaimana hambatan guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 2. Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 3. Untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Rancangan penelitian dari penelitian ini adalah: pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: penelitian lapangan, kehadiran peneliti dari tanggal 4 desember 2018 sampai 14 januari 2019, lokasi penelitian: MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, sumber data: data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan keajekan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah: 1. Bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an diantaranya: belum mengenal huruf hijaiyah, belum mengetahui tajwid, serta tanda waqaf. Hal itu dapat diketahui melalui tes ketika siswa awal masuk sekolah serta pembelajaran Al-Qur’an di kelas. Kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an itu disebabkan karena siswa tidak mengaji di TPQ, kurangnya dukungan dari orang tua untuk menyuruh anaknya mengaji, dan juga pengaruh dari teman, serta ada beberapa siswa yang memang memiliki IQ rendah. 2. Strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu dengan klasikal baca simak dan klasikal individu yang di dukung dengan metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu, dalam pembelajaran Al-Qur’an tidak diadakan reward ataupun punishment. Kemudian setelah khatam/ selesai pembelajaran Al-Qur’an diadakan tes untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa. 3. Hambatan yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa ialah disebabkan karena siswa tidak memperhatikan pelajaran serta siswa kurang berminat untuk belajar Al-Qur’an. Untuk mengatasi hal itu, guru menasehati siswa serta semakin aktif untuk mengajari siswa untuk membaca Al-Qur’an

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153084 NURUL ALFI LAILA
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:21
Last Modified: 22 Apr 2019 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10435

Actions (login required)

View Item View Item