PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MAN 2 TULUNGAGUNG

NUR MURNIATI UTAMI, 17201153134 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MAN 2 Tulungagung” ditulis oleh Nur Murniati Utami dibimbing oleh Dr. Zaini, S.Ag. M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini yakni kedisiplinan belajar dan hasil belajar yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini terjadi karena siswa kurang tertarik dengan pelajaran akidah akhlak. Dalam pembelajaran akidah akhlak terdapat beberapa model pembelajaran yang bisa meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu direct instruction. Model pembelajaran direct instruction merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Rumusan penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap kedisiplinan belajar? (2) adakah pengaruh model direct instruction terhadap hasil belajar? (3) seberapa besarkah pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap kedisiplinan dan hasil belajar akidah akhlak kelas XI MAN 2 Tulungagung. Tujuan peneliti ini adalah (1) mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap kedisiplinan belajar,(2) mendiskripsikan pengaruh model direct instruction terhadap hasil belajar,(3) mendiskripsikan seberapa besar pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap kedisiplinan dan hasil belajar akidah akhlak kelas XI MAN 2 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain quasi experimental. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengambilan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil uji-t sampel bebas diperoleh nilai Sig.(2-tailed)= 0,029 < 0,05 maka tolak H0 dan terima H1, artinya ada pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MAN 2 Tulungagung, (2) Hasil uji-t sampel bebas diperoleh nilai Sig.(2- tailed) = 0,001 <0,05, maka tolak H0 dan terima H1, artinya ada pengaruh model direct instruction terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XI MAN 2 Tulungagung (3) Hasil uji manova anket kedisiplinan belajar dan post test diperoleh signifikansi 0,001 dimana Sig.0,001 < 0,05 maka tolak H0 dan terima H1, artinya ada pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap kedisiplinan dan hasil belajar akidah akhlak kelas XI MAN 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153134 NUR MURNIATI UTAMI
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:51
Last Modified: 11 Apr 2019 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item