MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Multisitus Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa At-Tanhid Pakel Tulungagung dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bintara Campurdarat Tulungagung)

NUR HIDAYATI, 17501164019 (2019) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Multisitus Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa At-Tanhid Pakel Tulungagung dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bintara Campurdarat Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatan Mutu Sekolah (Studi Multi Situs Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa At-Tanhid Pakel Tulungagung dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Bintara Campurdarat Tulungagung) ” ini ditulis oleh Nur Hidayati dengan dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Sulhan, M.Ag dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Mutu Sekolah. Penelitian dalam tesis ini di latar belakangi oleh pentingya sebuah manajemen dalam sekolah. Salah satu manajemen yang penting dan utama dalam sebuah sekolah adalah manajemen sumber daya manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Melalui konsep manajemen sumber daya manusia ini diharapkan akan terwujudnya sekolah yang baik, efektif, mandiri, dan inovatif. Manajemen sumber daya manusia ini perlu dikelola untuk meningkatkan mutu lembaga itu sendiri. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah?; (2) Bagaimana pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah?; (3) Bagaimana pembinaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah?; (4) Bagaimana evaluasi sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data meliputi orang, tempat dan data-data. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik penarikan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan sumber daya manusia di kedua SMALB dilakukan dengan menggunakan langkah analisis penentuan kebutuhan, rekrutmen, seleksi dan terakhir penempatan tenaga kerja. (2) Pengembangan sumber daya manusia merupakan usaha peningkatan prestasi kerja para personalia saat ini dan masa yang akan datang, dengan kegiatan peningkatan pengetahuan, pelatihan,kegiatan kelompok kerja guru dan tugas kerja. (3) Suatu lembaga pendidikan yang telah memiliki sejumlah sumber daya manusia perlu pemeliharaan dan pembinaan dengan memberikan penghargaan dan menyediakan kondisi kerja yang menarik, sehingga membuat mereka betah di tempat kerja. Proses pembinaan yang diterapkan di kedua SMALB yakni pihak sekolah membangun hubungan baik antar sesama individu yang ada disekolah. Meliputi sesama tenaga kerja yang ada disekolah, warga sekitar sekolah dan wali murid. (4) Evaluasi yang meliputi penilain kinerja dan proses tindak lanjut yakni perbaikan serta adanya kompensasi. Proses evalusi yang dilakukan di SMALB At xviii Tanhid dan SMALB Bintara sebagai berikut: (a) Evaluasi yang dilakukan berupa rapat bulanan,(b) Rapat akhir semester, (c) Pengecekan daftar hadir guru dan pegawai, (d) Pengecekan tehadap tugas pokok seperti rencana pembelajaran,(e) Pengecekan ke dalam kelas-kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, (f) Supervisi oleh kepala sekolah. Hasil dari proses evaluasi ini diharapkan dapat memperoleh data perkembangan dari semua guru dan pegawai untuk perbaikan kedepannya. Tindak lanjut dari adanya evaluasi kinerja yakni perbaikan untuk kedepanya pada semua bidang yang membutuhkan perbaikan,selain itu juga untuk memberikan kompensasi kepada para guru dan pegawai yang memiliki kinerja yang bagus. Pemberian kompensasi juga dapat meningkatkan semangat kinerja para pegawai untuk lebih baik kedepannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164019 NUR HIDAYATI
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:35
Last Modified: 09 Apr 2019 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item