Meretas Pendidik Berkualitas dalam Pendidikan Islam

Sulistyorini, Sulistyorini (2012) Meretas Pendidik Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Teras, Yogyakarta. ISBN 978-406-978-370-9

[img] Text
Dr. SULISTYORINI, M.Ag - MERETAS PENDIDIKAN BERKUALITAS DLM PI.pdf

Download (37MB)

Abstract

Pendidik atau guru adalah mutlak ada dalam pendidikan Islam, karena tanpa pendidik maka proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik dan mampu mencapai tujuan pendidikan. Dalam Islam, guru merupakan figur yang sangat penting, Islam menempatkan kedudukan pendidik setingkat di bawah kedudukan Nabi dan Rosul.Dalam pendidikan Islam, pendidik adalah komponen yang sangat penting dalam sistem kependidikan, karena mengantarkan peserta didik pada tujuan yang telah ditentukan, bersama komponen yang lain terkait dan lebih bersifat komprehensif. Guru adalah kurikulumberjalan,sebaik apapun kurikulum dan sistem pendidikan yang ada,tanpa didukung kemampuan guru, maka semuanya akan sia-sia. Guru kompeten dan efektif, tanggung jawab utamanya mengawal perkembangan peserta didik sampai suatu titik maksimal.Tujuan akhir seluruh proses pendampingan guru adalah tumbuhnya pribadi dewasa yang utuh,menjadi insan kamil. Tanpa guru kurikulum itu hanyalah benda mati yang tiada berarti. Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini begitu cepat. Sejalan dengan kemajuan teknologi dan globalisasi. Dunia pendidikan sedang diguncang oleh berbagai perubahan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, serta ditantang untuk dapat menjawab berbagai permasalahan lokal dan perubahan global yang terjadi begitu pesat. Keadaan yang demikian semakin menyadarkan masyarakat terhadap tuntutan kehidupan yang mereka hadapi. Mereka juga merasa prihatin akan kehidupan generasinya, dengan cara bagaimana mereka dapat memberikan sesuatu yang lebih berarti bagi generasi lanjut untuk bisa menghadapi realitas hidup dan tantangan masa depan. Bersamaan dengan itu, bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada fenomena yang sangat dramatis, yakni rendahnya daya saing sebagai indikator bahwa pendidikan belum mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Pertimbangan keadaan yang demikian itu, masyarakat nampaknya mendambakan akan hadirnya institusi sosial yang benar-benar memiliki tanggung jawab, berwibawa dan berperan aktif memperhatikan dan membina generasi sekaligus memberikan kontribusi positif untuk semua lapisan masyarakat. Institusi yang dimaksud tentunya adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh tenaga-tenaga kependidikan yang benar-benar profesional, khususnya tenaga pendidik (guru). Suatu lembaga pendidikan dapat dikatakan bertanggung jawab, berwibawa dan memiliki peranan aktif jika di dalamnya terdapat tenaga-tenaga pendidik yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi, profesional dibidangnya serta memiliki lekatan nilai-nilai moral untuk dapat diakui guru yang profesional dan berwibawa. Buku ini secara gamblang dan transparan memaparkan bagaimana pendidik atau guru dalam melaksanakan tugasnya secara profesional dan bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan berupaya mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki peserta didik baik potensi kognitif, afektif maupun psikomotorik dan bertanggung jawab dalam perkembangan jasmani dan rohani agar mencapai tingkat ke-dewasaan sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan Islam yaitu berakhlakul karimah dan selamat dunia akhirat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dra 196512152003122001 SULISTYORINI, M.Ag.
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:04
Last Modified: 08 Apr 2019 07:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item