STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

MEYLINDA SAPUTRI TINI HAKIM, 17201153097 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (255kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Meylinda Saputri Tini Hakim, NIM. 17201153062, pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Religiusitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai yaitu dimana tingkat kesadaran peserta didik dalam religiusitas masih minim. Karena siswa dalam memahami Agama Islam hanya mampu pada ranah kognitif saja. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut perlu adanya strategi guru akidah akhlak untuk meningkatkan religiusitas siswa. Tanpa adanya strategi yang diterapkan dalam meningkatkan religiusitas kepada peserta didik maka proses peningkatan religiusitas tidak akan berjalan lancar dan religiusitas siswa juga menjadi berkurang. Strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan religiusitas siswa diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperilaku religius dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung?, (2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung ?, (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi faktor penghambat guru akidah akhlak dalam Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung,, (2) Untuk mendiskripsikan Faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung, (3) Untuk mendiskripsikan Bagaimana solusi untuk mengatasi faktor penghambat guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MTsN 5 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung yang meliputi aspek ibadah yaitu pembiasaan Sholat dhuhur berjama’ah, pembiasaan membaca al qur’an , mengadakan penyembelihan hewan qurban dan ekstrakurikuer hadrah. Adapun dalam aspek akidah yaitu melalui pembiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, pembiasaan pembacaan yasin dan tahlil dan Membaca asma’ul husna. Untuk aspek akhlak yaitu dengan pembiasaan memperingati PHBI, Infaq dan budaya 3S (senyum, salam dan sapa) (2) Faktor pendukung strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung yaitu Adanya kerjasama yang baik antara guru dan warga madrasah, Program madrasah, kesadaran diri siswa. Adapun faktor penghambat yang bersifat internal adalah kurangnya kedisiplinan siswa, motivasi dan antusias siswa serta masih terdapat siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Dan yang bersifat eksternal adalah lingkungan keluarga. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTsN 5 Tulungagung yaitu nasihat dan peringatan secara lisan maupun tulisan, pendekatan emosional, dan mengikuti Madrasah Diniyah dan membangun kerja sama dengan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mahasiswa 17201153062 meylinda saputri tini hakim
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:29
Last Modified: 10 Apr 2019 04:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item