PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MIN 4 TULUNGAGUNG

LUSIANA INDAH PALUPI SAPUTRO, 1725143161 (2019) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Lusiana Indah Palupi Saputro, NIM. 1725143161 , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwawidodo, M.Pd. Kata Kunci: Quantum Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan yang saat ini masih konvensional sehingga menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar yang relatif rendah. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti masalah metode pembelajaran dengan keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh metode Quantum learningterhadap keaktifan belajar siswa kelas VMIN 4 Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh metode Quantum learningterhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh metode Quantum learningterhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh metodeQuantum learningterhadap keaktifan belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metodeQuantum learningterhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Seberapa besarpengaruh metode Quantum learningterhadap keaktifan dan hasil belajar siswa MIN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas Vdan VI MIN 4 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B MI Negeri 4 Tulungagung sedangkan kelas VI sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.Wawancara digunakan untuk melengkapi hal-hal yang berhubungan dengan peneliti, seperti mengetauhi pencapean materi kelas, sistem pembelajaran yang sering digunakan.Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan, nilai UTS serta dokumentasi madrasah.Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian.Teknik analisis data yangdigunakan oleh peneliti adalah Uji t dan Anova 2 jalur (MANOVA), yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, (1) Ada pengaruh metode quantum learning terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V MIN 4 Tulungagung dengan hasil uji t angket diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,025 < 0,05 sehingga Hoditolak dan Haditerima; (2) Ada pengaruh metode quantum learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MIN 4 Tulungagung dengan hasil uji t post test diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,022 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima; (3) Ada pengaruh metode quantum learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 4 Tulungagung dengan hasil uji anova 2 jalur (MANOVA) diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,013 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143161 LUSIANA INDAH PALUPI SAPUTRO
Date Deposited: 06 May 2019 02:17
Last Modified: 06 May 2019 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item View Item