STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar)

AZZIS RIFA’I, 17506164016 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa (Studi Multisitus di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar)” ini ditulis oleh Azzis Rifa‟i, dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Akhlakul Karimah Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh semakin merosotya nilai nilai moral dan akhlakul karimah seiring dengan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya pembinaan akhlakul karimah kepada siswa di lembaga pendidikan. Sehingga siswa dapat membentengi diri dari pengaruh buruk lingkungan dan tetap berakhlakul karimah dengan selalu berakhlakul karimah kepada Allah SWT, berakhlakul karimah kepada sesama manusia dan berakhlakul karimah kepda alam sekitar. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada Allah SWT pada siswa di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada sesama manusia pada siswa di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar? (3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada alam pada siswa di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar? Tesis ini bermanfaat bagi kepala sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan pembinaan akhlakul karimah pada siswa, bagi pendidik hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dalam membina akhlakul karimah siswa, dan bagi praktisi pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk ikut serta dalam pembinaan akhlakul karimah siswa. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada Allah SWT di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai akhlakul karimah kepada Allah SWT dan memberikan teladan untuk berakhlakul karimah kepada Allah SWT dengan mengajarkan kepada siswa tentang kewajiban untuk beribadah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. (2) Dalam proses pembelajarannya, metode tilawati di SDI Al-Badar Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada sesama manusia di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai akhlakul karimah kepada sesama manusia dan memberikan teladan untuk berakhlakul karimah kepada sesama manusia. (3) Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah kepada alam di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 6 Blitar yaitu dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang kedudukan manusia sebagai khalifah di muka bumi sehingga harus menjaga kelestarian alam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164016 AZZIS RIFA’I
Date Deposited: 02 May 2019 03:25
Last Modified: 02 May 2019 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item