Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut Kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung Tahun Ajaran 2016 - 2017

SAHRUL ALFIAN, 2814133168 (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut Kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung Tahun Ajaran 2016 - 2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (539kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut Kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung Tahun Ajaran 2016 - 2017” ini ditulis oleh Sahrul Alfian dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Metode PjBL, dan Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Hasil belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan metode mengajar konvensional atau tradisional. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut Kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh penggunaan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut Kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) untuk mengetahui pengaruh dari suatu variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung yang berjumlah 235 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Tes; 2) Dokumentasi. Instrumen penelitian Tes digunakan untuk memperoleh nilai prestasi hasil belajar siswa pada materi melukis segi tiga. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang siswa,guru,tempat penelitian, dan foto-foto penelitian. Setelah peneliti melakukan penelitian kemudian dilanjutkan dengan menganalasisis data dengan menggunakan uji T-test dan rumus cohen’s. Sebelum melakukan analisis menggunakan rumus diatas terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yakni normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan uji T-test diperoleh perhitungan dengan signifikasi 5% 〖=t_tabel 1,993≤t〗_(hitung )=9,418 sehingga kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika pada materi melukis segitiga siswa kelas VII. Berdasarkan perhitungan rumus Cohen’s tersebut, dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi melukis segitiga kelas VII MTs Al-Ma’Arif Tulungagung adalah sebesar 2,25, yang artinya besar pengaruhnya cukup tinggi pada hasil belajar matematika pada materi melukis segitiga siswa kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: skripsi 2814133168 SAHRUL ALFIAN
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:03
Last Modified: 22 Mar 2019 03:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item