STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

Choirul Amdad Ikhsan Taufiq, 1721143095 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Choirul Amdad Ikhsan Taufiq, 1721143095, 2018, “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, dibimbing oleh H. Abdullah Chakim, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), PAI Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Tantangan terhadap peningkatan mutu dan efektivitas pendidikan sebagai tuntunan nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat, berimplikasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Pemilihan model pembelajaran yang benar-benar sesuai sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yaitu CTL, karena berkaitan erat dengan keberhasilan pendidikan. Ada empat alasan penggunaan CTL yaitu: (a) adanya pandangan bahwa pengetahuan merupakan fakta yang harus dihafal, (b) adanya landasan filosofi konstrukvisme, (c) pengetahuan dan keterampilan harus ditemukan sendiri oleh siswa, dan (d) pengetahuan merupakan keterampilan yang dapat diterapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMPN 1 Ngantru Tulungagung ? 2) Bagaimana efektivitas strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMPN 1 Ngantru Tulungagung ? 3) Bagaimana Faktor penghambat dan pendukung penerapanpembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Ngantru Tulungagung ? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan tinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus observasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian, 1) perencanaan pembelajaran contextual teaching and learning(CTL) di SMPN 1 Ngantru Tulungagung melalui persiapan yang cukup matang, mulai dari penyusunannya dalam pembelajaran. Sehingga dengan adanya persiapan yang cukup matang maka pembelajaran PAI lebih bermakna dan kelas menjadi kelas yang hidup, sehingga peserta didik merasa senang, semangat, dan tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran PAI dan peserta didik akan mudah memahami materi yang diajarkan, sehingga hasil belajarpeserta didik akan meningkat. 2) Efektivitas pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Ngantru Tulungagung pada peserta didik terlaksana dengan baik, hal ini terbukti karena peserta didik mudah memahami materi yang diberikan, selain itu kelas VII juga mengaku bahwa mereka tidak merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran PAI. Sehingga penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) tersebut akan menjadikan peserta didik lebih semangat dalam proses pembelajaran PAI dan peserta didik terdorong untuk berlomba-lomba dalam mendapatkan nilai yang bagus, sehingga dengan begitu hasil belajar yang diperoleh peserta didik lebih bagus dan meningkat serta lebih memuaskan. 3) Faktor pendukang dari penerapan Contextal Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Ngantru Tulungagung yaitu a, kemampuan guru terbukti terkontrolnya kegiatan intruksional guru hasil supervisi kepala sekolah yang terprogram. b. Siswa adanya antusias yang tinggi dari siswa dan adanya persiapan siswa sebelum pembelajaran dimulai c. Sarana dan prasarana seperti: penyediaan media pembelajaran yang cukup memadai, meskipun tidak begitu lengkap tapi bisa digunakan untuk menunjang proses pembelajaran d. Kepala sekolah hal ini terbukti kepala sekolah seminggu sekali melakukan pengawasan evaluasi terhadap kinerja guru. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan Contextuan Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI di SMN 1 Ngantru Tulungagung adalah a. Sebagian guru yang menggunakan model pembelajaran yang monoton dengan persiapan yang kurang matang b. Terkadang siswa tidak melaksanakan tugasnya d. Bagi anak yang kurang memiliki kreatifitas, bisa menjadi beban terhadap tugas yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amdad 1721143095 Choirul Amdad Ikhsan Taufiq
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:59
Last Modified: 20 Mar 2019 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10334

Actions (login required)

View Item View Item