STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA BAITUL MAAL WAT TAMWIL SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Novitasari, 17401153198 (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA BAITUL MAAL WAT TAMWIL SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Anggota BMT Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Novitasari, NIM 17401153198, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Penelitian ini di latar belakangi oleh semakin pesatnya perkembangan lembaga keuangan di Indonesia baik konvensional maupun syariah yang menjadikan tingkat persaingan semakin ketat dalam mencari nasabah (anggota). Dalam koperasi, anggota merupakan sumber modal maka dari itu untuk dapat mempertahankan eksistensi lembaga maka perlu adanya usaha untuk meningkatkan strategi pemasarannya dengan memperhatikan unsur bauran pemasaran. Setiap lembaga keuangan harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan berbeda dari para pesaingnya dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah anggotanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung untuk meningkatkan jumlah anggotanya? (2) Apakah kendala dan solusi dalam menjalankan strategi pemasaran di BMT Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi metode interview, metode observasi dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan menggunakan 4 kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa, (1) Strategi pemasaran yang diterapkan di BMT Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung untuk meningkatkan jumlah anggotanya menggunakan strategi segmentasi pasar, anggaran pemasaran, penentuan waktu, dan bauran pemasaran 6P (product, price, place, promotion, people dan process). (2) Adapun kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi pemasaran diantaranya minimnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat mengenai lembaga keuangan syariah, kesulitan meyakinkan masyarakat dan masyarakat mengajukan pembiayaan yang besar tidak sesuai kemampuannya, adanya pesaing, dan hasil strategi pemasaran yang belum maksimal. Untuk solusi yang digunakan dalam menghadapi kendala tersebut diantaranya memberikan penjelasan kepada masyarakat, menarik minat masyarakat, meningkatkan strategi pemasaran, memperluas jaringan pemasaran dengan memperbanyak promosi, dan pihak manajemen mengajak para pengusaha untuk membuat perjanjian di depan notaris. Kata kunci : strategi pemasaran, meningkatkan jumlah anggota

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153198 Novitasari
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:29
Last Modified: 18 Mar 2019 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10326

Actions (login required)

View Item View Item