PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 MAN 1 TRENGGALEK

UNUN LAILATUL MUTHMAINAH, 17201153491 (2019) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (648kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metoe Role Playing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Unun Lailatul Muthmainah NIM. 17201153491. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’I, M.Ag. Kata kunci : Metode Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar Fiqih , Hasil Belajar Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Proses pembelajaran dirasa kurang menarik, peserta didik tidak semangat dan kurang aktif dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa serta menyukai mata pelajaran fiqih yaitu metode Role Playing. Metode Role Playing merupakan sandiwara tanpa naskah, tanpa latihan terlebih dahulu sehingga dilakukan secara spontan, masalah yang didramakan adalah mengenai situasi sosial tentang situasi sosial. Diharapkan dengan metode yang baru ini peserta didik termotivasi dan hasil belajar mencapai KKM yang sudah ditentukan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi eksperimen atau eksperimen semu, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol MAN 1 Trenggalek. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji manova, yang sebelunya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,026 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima meskipun pengaruhnyasangat lemah karena diambang minimal, (2) Berdasarkan perhitungan uji t post test diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek, (3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai keempat p-value (sig) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153491 UNUN LAILATUL MUTHMAINAH
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:40
Last Modified: 14 Mar 2019 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item